Jember, 17 Mei 2016

            Pada Era Revolusi Informasi yang dimulai awal tahun 1990-an, perguruan tinggi se-dunia sudah banyak mendirikan dan mengembangkan jurusan yang berfokuskan pada teknologi informasi, terutama perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan yang berfokus pada teknologi informasi yang terkenal di Indonesia adalah Informatika atau Ilmu Komputer. Selain jurusan tersebut, jurusan lain yang berfokuskan pada teknologi informasi yakni Sistem Informasi. Kedua jurusan tersebut memang memiliki dasar dari teknologi informasi, namun learning outcome atau capaian pembelajaran dari masing – masing  jurusan berbeda.

            Perbedaan Informatika atau Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi memang belum begitu banyak di ketahui oleh masyarakat. Masyarakat beranggapan mahasiswa lulusan dari kedua jurusan tersebut pasti bisa ‘ngoding’ dan menganggap keduanya sama. Anggapan tersebut memang benar bahwa mereka bisa ‘ngoding’, namun ranah ilmu yang mereka dapatkan dari proses perkuliahan sangat berbeda. Perusahaan besar yang sudah menerapkan dan berpengalaman dalam menggunakan teknologi informasi dalam proses bisnisnya sudah mengetahui perbedaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat memastikan mana yang dibutuhkan oleh perusahaan mereka, apakah mereka yang lulusan Informatika atau mereka yang lulusan Sistem Informasi. Bagi perusahaan yang tidak tahu, mereka akan menyamakan lulusan dari dua jurusan tersebut.

            Kompetensi lulusan dari jurusan Informatika dan Sistem Informasi memiliki kemiripan, namun keduanya tidak sama. Kita membandingkan kompetensi lulusan kedua jurusan tersebut pada dua perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi Informatika dan Sistem Informasi, yaitu Universitas Indonesia ( UI ) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ( ITS ). Jurusan Informatika atau Ilmu Komputer UI dan ITS mempunyai kemiripan dalam kompetensi lulusan bahwa lulusan jurusan ini harus bisa menguasai kemampuan dalam merancang dan menulis suatu program dengan benar, memahami dasar dan pengembangan ilmu komputasi, dan bagaimana cara pengembangan perangkat lunak. Lulusan jurusan Informatika diajari hal tentang teknis dalam bidang teknologi informasi. Sedangkan jurusan Sistem Informasi UI dan ITS juga memiliki kemiripan dalam hal kompetensi lulusan bahwa lulusan jurusan ini harus memiliki tiga ranah ilmu yakni komputer, manajemen, dan bisnis. Lulusan jurusan Sistem Informasi ini harus memahami ketiga ranah tersebut dan menerapkannya dalam bidang teknologi informasi. Lulusan Sistem Informasi ini lebih diajari tentang mengelola teknologi informasi dan menerapkannya pada masyarakat atau organisasi tertentu. Perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa jurusan Informatika lebih mengarah ke bidang teknis teknologi informasi, sedang jurusan Sistem Informasi lebih mengarah ke bidang manajerial teknologi informasi suatu organisasi.

            Pemerintah dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 154 tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi menentukan bahwa gelar yang disandang oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya dari salah satu jurusan baik itu Informatika atau Sistem Informasi memiliki gelar yang sama yaitu Sarjana Komputer ( S. Kom ). Peraturan tersebut tidak dapat disalahkan karena sudah menjadi suatu keputusan yang sah. Tolak ukur kesamaan gelar mengacu bahwa jurusan Informatika dan jurusan Sistem Informasi memiliki bidang ilmu yang sama yakni teknologi informasi atau sering di sebut computer science. Namun menurut penjelasan sebelumnya, kita dapat mengetahui bahwa kompetensi lulusan dari jurusan Informatika berbeda dengan kompetesi lulusan jurusan Sistem Informasi. Ranah bidang yang ditekuni jurusan Informatika lebih mengarah ke teknis teknologi informasi, sedangkan jurusan Sistem Informasi lebih mengarah ke bidang manajerial teknologi informasi. Sebab itu, lulusan kedua jurusan tersebut seharusnya memiliki gelar akademis yang berbeda agar tidak terdapat kesalahpahaman apabila ingin melamar suatu pekerjaan atau suatu perusahaan ingin merekrut pekerja dalam bidang teknologi informasi atau IT.

            Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan telah membedakan gelar antara lulusan jurusan Informatika dan jurusan Sistem Informasi melalui Surat Edaran nomor 10/D/T/2010 perihal Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi Komputer, dan Lanskap. Dalam surat edaran tersebut, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi menentukan bahwa gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang menyelesaikan masa studinya di jurusan Informatika / Ilmu Komputer adalah  Sarjana Komputer ( S. Kom ).  Sedangkan, mahasiswa yang menyelesaikan masa studinya di jurusan Sistem Informasi diberikan gelar Sarjana Sistem Informasi ( S. SI ). Perbedaan dua gelar tersebut diberikan atas kerja sama dengan Asosisasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer se-Indonesia ( APTIKOM ).

Pada tahun 2014 kemarin, semenjak berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 154 tahun 2014, kedua mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya dari jurusan teknologi informasi baik itu jurusan Informatika maupun jurusan Sistem Informasi diberi gelar yang sama yakni Sarjana Komputer. Hal ini menjadi pertanyaan yang membingungkan kalau terjadi kesalahpahaman antara lulusan dua jurusan tersebut yang bergelar Sarjana Komputer melamar pekerjaan dengan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja. Perusahaan yang tidak mengetahui perbedaan dua jurusan tersebut yang sedang membutuhkan tenaga IT akan menyamakan mereka. Masalah tersebut menimbulkan pertanyaan, siapa yang disalahkan atas kesalahpahaman tersebut, apakah perusahaan yang belum tahu betul perbedaan jurusan IT  atau lulusan jurusan dibidang IT atau perguruan tinggi yang mewisuda mahasiswa IT, atau mungkin pemerintah.

Biografi Singkat Penulis

 wildan azka-630x330px

Nama                          : Wildan Azka Fillah

Alamat                        : Sudangan, Glagah, Lamongan

Email                           :  wildanazkafillah@gmail.com

Pekerjaan                   : Mahasiswa