Jember, 10 Januari 2017

Dewasa ini, seorang pustakawan tidak saja bertugas mengelola koleksi perpustakaan atau ruang baca saja, namun juga harus mampu memberikan layanan referensi kepenulisan kepada pemakai jasa perpustakaan. Berangkat dari tuntutan ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember menggelar kegiatan Training of Trainer Bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Universitas Jember pada Selasa (10/1). “Kegiatan Training of Trainer yang diselenggarakan pada hari ini adalah upaya UPT Perpustakaan dalam memperkuat proses pembelajaran di Universitas Jember. Sebab layanan referensi kepenulisan dapat menunjang mutu penelitian, pengajaran, serta penulisan karya tulis ilmiah bagi dosen dan mahasiswa,” jelas Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember saat memberikan sambutan.

Ida lantas melanjutkan, dalam pelatihan kali ini para peserta bakal mendapatkan materi utama mengenai Springer, yang merupakan salah satu situs terbesar penyedia berbagai macam referensi kepenulisan. Springer menyediakan sumber seperti e-book, jurnal dan artikel ilmiah yang sudah banyak dimanfaatkan, khususnya di bidang akademik. “Sudah setahun ini, UPT Perpustakaan Universitas Jember berlangganan Springer yang menyediakan enam ribuk e-book, 700 jurnal ilmiah dan 300 artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, tentu sayang jika tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, harapan kami selepas pelatihan ini, para peserta dapat mensosialisasikan dan memberikan layanan Springer di unit kerja masing-masing,” ujar perempuan asal garut ini.

Uniknya, selain mendapatkan materi mengenai Springer, para peserta juga, mendapatkan materi mengenai kepribadian dan cara penyampaian presentasi yang baik, oleh praktisi olah kepribadian Dr. Selfi Budi Helpiastuti. Dalam penjelasannya, Selfi memaparkan bagaimana menggunakan ekspresi fisik, suara, dan verbal yang baik dalam menjelaskan sebuah materi atau layanan jasa. “Sudah tidak jamannya seorang pustakawan diidentikan dengan seseorang yang selalu serius dan pendiam. Pustakawan saat ini dituntut aktif memberikan layanan prima kepada pengguna perpustakaan,” ujar dosen FISIP Universitas Jember yang juga lulusan Sekolah Kepribadian John Robert Powers Surabaya ini.

Tidak cukup dengan teori, para peserta juga diminta untuk praktik langsung, termasuk praktik materi public speaking. Sementara itu untuk materi mengenai Springer, disampaikan oleh Achmad Taufik, pustakawan dari UPT Perpustakaan Universitas Jember. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang aktif bertanya dan tidak segan untuk praktik. (Lid/Del)


Category: Berita , Berita Akademik