Jember, 30 Januari 2017

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember terpilih sebagai  fakultas dengan kinerja terbaik tahun 2016. Prestasi ini mengulangi suksesnya di tahun 2015 lalu. Pengumuman fakultas dengan kinerja terbaik disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, pada saat pelaksanaan acara penandatanganan kontrak kinerja rektor dengan seluruh pimpinan unit kerja di lingkungan Universitas Jember, yang dilakukan di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad, kampus Tegalboto (25/1). Untuk posisi kedua, diraih oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sementara Fakultas Kedokteran Gigi ada di posisi ketiga.

Menurut Yuli Witono, Dekan FTP, kesuksesan mempertahankan predikat fakultas berkinerja terbaik tidak lepas dari kerjasama semua pihak, baik dosen, karyawan dan mahasiswa. “Memimpin fakultas itu gampang-gampang susah, sebab dituntut mampu mengelola orang-orang pintar. Jadi kemampuan untuk mengelola kebersamaan menjadi penting, apalagi FTP bukan lah fakultas yang memiliki PNBP besar,” jelas Yuli Witono saat ditemui selepas acara. Yuli Witono lantas membeberkan caranya mengelola kebersamaan di fakultas yang dipimpinnya, salah satunya dengan tea morning sebulan dua kali setiap hari Jumat.

“Tea morning diadakan sebagai wahana mendegarkan semua keluhan dan permasalahan di FTP, serta mencari solusinya. Dalam acara tea morning semua peserta duduk sama rendah, tanpa melihat jabatannya sehingga dapat terjalin kebersamaannya,” ujar pria asal Malang ini. Yuli lantas menyebutkan resep berikutnya agar kinerja lembaganya makin meningkat. Yakni responsif terhadap perkembangan jaman dan selalu berusaha memperkuat networking. “Era saat ini adalah era kolaboratif yang memerlukan pengembangan networking yang implementatif,” tambahnya.

Tidak cukup dengan mengadakan tea morning, dekan yang juga tokoh wirausaha di Jember ini membiasakan dosen, karyawan serta mahasiswa FTP memiliki yel-yel penyemangat. Untuk kalangan mahasiswa ada yel “FTP Jaya” yang sering dikumadangkan di berbagai acara. Sementara untuk dosen dan karyawan, Yuli Witono mengusulkan “FTP Excellent”. Menurut Yuli Witono, adanya yel dimaksudkan agar mampu menggerakkan otak, menguatkan jiwa. “Walaupun FTP Excellent belum sepenuhnya tercapai, paling tidak kita sudah mengarahkan langkah ke target yang benar,” imbuhnya lagi.

Sementara itu dalam sambutannya, Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, meminta segenap sivitas akademika Kampus Tegalboto untuk bersatu padu memajukan institusi Universitas Jember melalui unit kerjanya masing-masing. “Tantangan ke depan makin berat, oleh karena itu perlu kolaborasi semua pihak agar Universitas Jember makin eksis,” kata Moh. Hasan. Untuk diketahui penilaian kinerja unit kerja meliputi 30 indikator utama dan 50 sub indikator. Berbeda dengan pelaksanaan penandatanganan kontrak kinerja tahun lalu yang hanya diikuti oleh fakultas, tahun ini meliputi seluruh unit kerja yang ada di Universitas Jember. (iim)


Category: Berita , Berita Akademik