Jember, 9 Februari 2017

AIESEC4

Guna mensosialisasikan program Sustainable Development Goals (SDGs) kepada mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) Universitas Jember menggelar diskusi yang diikuti oleh 150 mahasiswa dari Kampus Tegalboto dan kampus-kampus di sekitar Jember.  Turut hadir tiga mahasiswa asing yang merupakan anggota AIESEC, mereka adalah So Young Kim  asal Korea Selatan, Mohammed Hasanin asal Mesir, dan Yan Zhi Lin dari China. Ketiganya adalah mahasiswa asing yang tengah melakukan kerja sosial di Jember melalui program Global Citizen. Diskusi ini digelar di aula lantai 3 Gedung Soerachman (9/2).

Menurut Presiden AIESEC Universitas Jember, Bahari T. Simamora, sosialisasi SDGs kepada mahasiswa dipandang perlu mengingat mahasiswa adalah kalangan intelektual yang diharapkan menjadi pendorong kemajuan sebuah bangsa. “SDGs adalah program yang bertujuan membangun manusia di bidang pendidikan, kesehatan, serta lingkungan. Dan Indonesia adalah salah satu negara yang sudah berkomitmen melaksanakan SDGs,” ujar Bahari. Program SDGs sendiri memiliki 17 sasaran diantaranya penghapusan kemiskinan, kelaparan, peningkatan kondisi kesehatan, pendidikan yang baik serta tujuan lainnya.

Bahari lantas mengemukakan, sebagai organisasi pemuda yang bertujuan mengembangkan potensi kepemimpinan di kalangan mahasiswa, AIESEC memiliki program Global Citizen yang bertujuan untuk memberikan dampak langsung pada masyarakat melalui berbagai proyek sosial guna mendukung pencapaian SDGs. “AIESEC menggelar program Global Citizen di berbagai negara seperti Cina, Thailand, Filipina, Kamboja, Malaysia, Vietnam, termasuk Indonesia. Bahkan meliputi negara-negara di Eropa seperti Polandia, Republik Ceko, Rusia, dan masih banyak lagi. Di setiap negara tersebut, mahasiswa angota AIESEC menggelar proyek sosial seperti mengajar di sekolah, menjadi relawan kesehatan dan kerja sosial lainnya,” jelas  mahasiswa jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian ini.

Penjelasan Bahari tadi didukung oleh Salsabilla, ketua panitia kegiatan. Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat ini berharap makin banyak rekan mahasiswa yang faham akan SDGs. Mahasiswa yang tampak hadir antara lain perwakilan dari pengurus BEM tingkat fakultas dan universitas di Kampus Tegalboto, Duta Kampus Universitas Jember, Gus & Ning Jember, penerima beasiswa Bank Indonesia, serta mahasiswa dari berbagai kampus di Jember dan sekitarnya. “Kesempatan ini juga kami gunakan untuk memperkenalkan keberadaan AIESEC,” tambahnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2016 lalu,  AIESEC Universitas Jember mengirimkan lima wakilnya untuk berpartisipasi dalam program Global Citizen. Mereka adalah M. Cholilurrohman Hadi, Anggi Sulistyani dan Okzalina Sonnia dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Fetty Ghaessani dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), serta Sonia Alfiyana dari Fakultas Hukum. Trio PSIK, Cholilurrohman, Anggi, Okzalina serta Sonia Alfiyana kebetulan mendapatkan jatah menjadi sukarelawan di China, sementara Fetty di Filipina. Mereka bekerjasama dengan para anggota AIESEC dari berbagai negara lain menjalankan program sosial di berbagai bidang dari pendidikan, lingkungan hingga kesehatan. Untuk diketahui, hingga saat ini AISEC memiliki cabang di 126 negara di dunia, yang umumnya ada di kampus-kampus perguruan tinggi.

Sebaliknya, AIESEC Universitas Jember menerima sepuluh mahasiswa asing yang terdiri dari empat mahasiswa asal India, dua asal China, serta dua mahasiswa asal Mesir.  Sementara Jepang dan Korea Selatan mengirimkan satu orang mahasiswanya. Selama di Jember mereka menjadi guru di berbagai sekolah di Jember, sambil memperkenalkan budaya masing-masing negara. “Selain menjadi sarana pengembangan kepemimpinan, AIESEC membuka cakrawala pemikiran bagi mahasiswa karena memberikan kesempatan berkunjung ke berbagai negara untuk melakukan kerja sosial. Harapannya, makin banyak mahasiswa Universitas Jember tertarik bergabung dengan AIESEC,” tutur Honest Dody, dosen FISIP yang juga pembina AIESEC Universitas Jember. (del/iim)


Category: Berita , Berita Akademik