Jember, 5 April 2016

Saat mendengar kata perpustakaan mungkin yang akan tergambar dalam benak kita dalah tumpukan buku yang tersusun rapi di rak buku. Namun dengan kemajuan teknologi hal itu sudah tidak lagi. Dengan aplikasi Bookmyne yang digunakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember membuat seolah perpustakaan berada di dalam genggaman.

“Saat ini hampir semua mahasiswa terbiasa dengan penggunaan smart phone yang berbasis android. Sister yang mendukung aktifitas akademik sudah lama juga bisa dilakukan dengan mobile. Nah kami itu inginnya perpustakaan juga demikian mahasiswa bisa mengakses perpustakaan Universitas Jember,” ujar ujar Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember saat diwawancara diruang kerjanya, (3/4)

Menurut Ida dengan menggunakan aplikasi Bookmyne mahasiswa bisa mendapatkan informasi mengenai ketersediaan buku yang ada diperpustakaan. Aplikasi Bookmyne ini menurutnya, bisa melihat apakah buku itu ada atau tidak ada dalam koleksi atau buku itu sedang dipinjam atau sedang ada di rak buku.

“Jika mau meminjam tetap harus datang ke Perpustakaan. Namun sebelum datang ke Perpustakaan mahasiswa bisa mengecek apakah buku yang dibutuhkan sedang tersedia atau tidak, sehingga mahasiswa bisa menghemat waktu” tambah Ida.

Ida menambahkan, keunggulan lainnya aplikasi ini adalah mahasiswa bisa dengan mudah melihat apakah buku yang hendak dia beli ada atau tidak dalam koleksi Perpustakaan Universitas Jember.

“Misalnya mau beli buku baru di toko buku karena mungkin takut di Perpustakaan tidak ada. Cukup buka aplikasi Bookmyne kemudia scan barcode yang ada pada buku, dalam hitungan detik akan muncul apakah buku itu ada atau tidak di Perpus UNEJ,” imbuh Ida.

Lebih jauh Ida menjelaskan di Indonesia hanya Universitas Jember yang menggunakan aplikasi Bookmyne. Pengunaan aplikasi ini menurutnya sangat mudah sekali.

“Downdload dulu di play store kemudian instal ke HP android. Setelah itu login, bisa menggunakan facebook atau dengan menggunakan email. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh semua tidak terbatas hanya mahasiswa saja,” pungkasnya.  


Category: Berita Non Akademik