Jember, 11 April 2017

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 dibuka secara resmi hari ini tanggal 11 April 2017. Informasi ini disampaikan langsung oleh Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, di sela-sela mengawasi persiapan pendaftaran SBMPTN 2017 di Panitia Lokal Universitas Jember (11/4). Pendaftaran SBMPTN 2017 akan dibuka hingga tanggal 5 Mei 2017, dan akan dilanjutkan dengan ujian pada tanggal 16 Mei 2017, sementara hasil tes bakal diumumkan pada 13 Juni 2017.

Menurut Zulfikar, seperti pelaksanaan SBMPTN tahun sebelumnya, peserta ujian SBMPTN 2017 dapat memilih akan mengikuti ujian berbasis komputer (Computer Based Test, CBT), atau ujian berbasis kertas yang biasa disebut Paper Based Test (PBT). “Tahun ini Panitia Pusat SBMPTN memperbanyak kuota peserta CBT, jika tahun 2016 hanya untuk 2.520 peserta, tahun ini kuotanya melonjak menjadi 30.000 peserta. Pada SBMPTN 2016 lalu, hanya ada 100 peserta CBT di Panitia Lokal Universitas Jember, namun tahun ini kami  menyediakan 480  komputer,” jelas Zulfikar.

Zulfikar lantas menambahkan, secara umum pelaksanaan pendaftaran dan tes SBMPTN 2017 tidak berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu, malah calon pendaftar bakal dimudahkan karena untuk SBMPTN 2017 ada tiga bank yang ditunjuk sebagai bank penerima biaya seleksi, yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). “Tahun lalu ada 11.860 peserta SBMPTN yang ujian di Panitia Lokal Universitas Jember, yang terdiri dari 5.160 peserta ujian kelompok IPA, 4.840 peserta kelompok ujian IPS dan 1.860 peserta ujian IPC. Kami perkirakan jumlah pendaftar yang akan mengikuti ujian di Panitia Lokal Universitas Jember tahun ini bakal tembus dua belas ribu peserta,” imbuh Zulfikar.

Sementara itu, Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, menghimbau agar calon peserta SBMPTN 2017 yang sudah memiliki pilihan program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar segera mendaftarkan diri. Sebab dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak pendaftar yang memilih mendaftarkan diri di saat masa pendaftaran mendekati ditutup, akibatnya sering terjadi gangguan karena laman sbmptn.ac.id menerima banyak pendaftar dalam satu waktu. “Walaupun pendaftaran dibuka sejak tanggal 11 April 2017, namun kami perkirakan jumlah pendaftar baru akan melonjak setelah hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan pada tanggal 26 April 2017,” kata Agung Purwanto.

Agung Purwanto juga menyarankan, bagi calon pendaftar SBMPTN 2017 yang ingin berkonsultasi mengenai seluk beluk SBMPTN dapat datang langsung ke Pusat Informasi SBMPTN-Panitia Lokal Universitas Jember di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember, selama masa pendaftaran. “Dari pengalaman pelaksanaan SBMPTN, adanya Pusat Informasi sangat membantu calon pendaftar, karena selain kami menyediakan komputer untuk daftar online, siswa juga dapat berkonsultasi mengenai program studi yang akan dipilih. Untuk SBMPTN tahun ini, Universitas Jember membuka lima program studi baru yakni, program studi Ilmu Tanah dan program studi Proteksi Tanaman di Fakultas Pertanian. Program Studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Pendidikan IPA di FKIP, dan Program Studi Teknologi Informasi di Program Studi Sistem Informasi. Rencananya Universitas Jember akan menerima 2.426 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN,” pungkas Agung Purwanto. (iim)

SBMPTN (baliho) 27.03.17 (2)


Category: Berita , Berita Akademik