Jember, 12 April 2017

Jika Anda berolahraga atau sekedar menikmati suasana Minggu pagi di kampus Tegalboto, maka sejak tanggal 2 April lalu Anda bakal menemukan hal baru. Di sepanjang jalan di depan lapangan upacara Universitas Jember berjejer stand yang menjual beraneka macam dagangan. Dari makanan, kaos, jilbab, asesoris hingga tanaman hias sudah tersedia. Istimewanya, para penjual tadi adalah dosen, karyawan, mahasiswa dan purnakarya Universitas Jember yang tergabung dalam Sunday Market Kreanova Universitas Jember.

“Sunday Market Kreanova atau Kreasi dan Inovasi, adalah panggung bagi sivitas akademika Universitas Jember untuk memunculkan kebolehannya di bidang ekonomi kreatif dan kewirausahaan. Prinsipnya dari, oleh dan untuk warga Universitas Jember,” jelas Soni Sisbudi Harsono, salah seorang penggagas Kreanova saat ditemui di hari Minggu (9/4) lalu. Menurut dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini, ajang Kreanova berawal dari pemikiran perlunya wahana untuk mengaplikasikan teori ekonomi kreatif dan kewirausahaan yang kerap dikaji di lingkungan kampus. Sementara bagi mahasiswa peserta kuliah kewirausahaan, juga membutuhkan arena untuk mewujudkan ide-ide wirausahanya. “Kreanova juga kami harapkan menjadi ajang silaturahmi antar warga kampus Tegalboto. Alhamdulillah Kreanova didukung penuh oleh Lembaga Penelitian, dan sudah diresmikan oleh Wakil Rektor III tanggal 2 April lalu,” imbuh Soni.

Ternyata keberadaan Pasar Minggu Kreanova mendapatkan sambutan hangat dari warga kampus Tegalboto dan warga Jember. Terbukti dari besarnya perputaran uang yang dikelola para penjual. “Hari Minggu lalu total omzet yang didapat seluruh peserta Kreanova mencapai sebelas juta rupiah, ini merupakan permulaan yang baik. Sebagai insentif, kami memberikan hadiah bagi penjual dengan omzet tertinggi,” kata Soni. Menurutnya, pihak pengelola akan terus berusaha memperbaiki pelaksanaan Kreanova, misalnya dengan melakukan pemberlakuan zonasi berdasarkan jenis dagangan agar lebih teratur. “Kami juga akan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, seperti Bank Jatim yang rencananya akan membantu penyediaan stand bagi peserta,” kata Soni lagi.

Ditemui secara terpisah, M. Sulthon, Wakil Rektor III, berharap keberadaan Sunday Market Kreanova dapat berjalan secara kontinyu dan memberikan manfaat bagi keluarga besar Universitas Jember. Harapan M. Sulthon disambut baik oleh para pelaku  Sunday Market Kreanova, seperti yang disampaikan oleh Winda Amelia. “Saya berharap Kreanova ini dapat berlanjut dan makin berkembang,” ujar dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang berjualan kebab dan lumpia AJIB. Harapan yang sama juga diungkapkan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Nurul, yang bersama kawan-kawannya membawa produk mainan anak-anak kreatif. “Dengan adanya Sunday Market Kreanova, kami dari Yayasan Swayanaka  Indonesia dapat memperkenalkan permainan kreatif kepada pengunjung, terutama anak-anak,” pungkasnya. (iim)


Category: Berita , Berita Non Akademik