Jember, 12 April 2017

Seiring dengan makin banyaknya prestasi yang diraih oleh  Universitas Jember, nama kampus Tegalboto makin dikenal, tidak hanya di pulau Jawa saja namun sampai di pulau Kalimantan. Tidak heran jika animo siswa-siswi dari berbagai daerah, termasuk dari Kalimantan Timur untuk menjadi mahasiswa di Universitas Jember juga meningkat. Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), Bontang, Kalimantan Timur yang berkunjung ke kampus Tegalboto (11/4). Didampingi oleh para guru, sebanyak 112 siswa-siswi kelas XI SMA YPK Bontang menggali informasi dan pengalaman mengenai Universitas Jember, serta seluk beluk penerimaan mahasiswa baru di Gedung Soetardjo.

Menurut Syaiful Rizal, ketua rombongan, peserta kunjungan ke Universitas Jember kali ini adalah para siswa-siswi kelas XI yang tahun depan akan mengikuti Ujian Nasional dan bakal memasuki bangku perguruan tinggi. Oleh karena itu SMA YPK Bontang berusaha memberikan wawasan dan informasi kepada para murid, agar kelak siap memasuki kampus. “Harapannya, semenjak dini mereka mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi, khususnya Universitas Jember. Selain untuk mengisi liburan karena kakak kelasnya sedang mengikuti UNBK,” jelas Syaiful yang 29 tahun lalu diwisuda di gedung Soetardjo bersama Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember saat ini.

Sementara itu dalam sambutan selamat datangnya, Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, memuji SMA YPK Bontang sebagai salah satu sekolah yang unggul. Pasalnya dari data yang ada di Bagian Akademik Universitas Jember, tercatat hanya ada lima sekolah dari provinsi Kalimantan Timur yang siswanya berhasil menembus ketatnya persaingan masuk ke kampus Tegalboto, dan salah satunya adalah SMA YPK Bontang. Menurutnya, kampus Tegalboto menyambut baik animo siswa-siswi SMA YPK Bontang untuk kuliah di Universitas Jember, “Sebuah kampus akan indah jika mahasiswanya berasal dari seluruh pelosok nusantara, termasuk dari Kalimantan Timur, sebab kampus juga berfungsi sebagai perekat bangsa,” ujar Zulfikar.

Selain mendapatkan penjelasan mengenai kampus Tegalboto dan seluk beluk penerimaan mahasiswa baru dari Humas dan Protokol Universitas Jember, siswa-siswi SMA YPK Bontang juga disuguhi testimoni dari para seniornya yang telah menjadi mahasiswa. Menurut Ridho, salah seorang alumnus SMA YPK Bontang, Universitas Jember menjadi tempat yang tepat baginya untuk menuntut ilmu, karena kualitas pengajar dan fasilitasnya yang baik. “Selain itu kondisi kota Jember sendiri sangat mendukung sebagai lokasi belajar, tidak ramai tapi juga tidak sepi,” ungkapnya memberikan semangat kepada yuniornya untuk kuliah di kampus Tegalboto. (iim)


Category: Berita , Berita Akademik