Jember, 18 April 2017

UPT Perpustakaan Universitas Jember gelar sosialisasi Springer Nature’s Tools di aula lantai III kantor pusat Universitas Jember. Acara ini merupakan acara lanjutan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan electronic journal (E Journal) dilingkungan Universitas Jember. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor (WR) I Universitas Jember ini menghadirkan Nurhazman Abdul Aziz dari Nanyang Technological Petaling Jaya, Selangor, Malaysia.

Dalam sambutannya WR I Drs. Zulfikar, Ph.D mengatakan, adanya kerjasama dengan Springer membuat peneliti di Universitas Jember memiliki kesempatan yang baik untuk melakukan publikasi artikel ataupun jurnal ilmiah.

“Saya sangat berharap dengan adanya kerjasama antara Universitas Jember dengan Springer pemanfaatan ejournal bagi kalangan dosen semakin meningkat. Karena melalui kerjasama ini para dosen dan mahasiswa dapat mengakses dengan mudah seluruh artikel ataupun jurnal yang kita langgan,” ujar Drs. Zulfikar, Ph.D.

Menurut Drs. Zulfikar, Ph.D kerjasama yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan dengan pihak springer menjadi bagian penting dalam meningkatkan publikasi jurnal ilmiah ataupun pemanfataan beragam jurnal ilmiah dalam bentuk elektronik.

“Ini adalah bagian dari support sistem yang kami berikan kepada mahasiswa dan dosen yang ada di Universitas Jember. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak produktif dalam menyusun sebuah jurnal ilmiah karena materinya sudah bisa didapatkan dengan mudah,” jelas Drs. Zulfikar, Ph.D.

Sementara itu Ida Widiastuti Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember mengatakan, dijalinnya kerjasama antara UPT Perpustakaan Universitas Jember bukanlah tanpa sebuah alasan.

“Springer ini adalah perusahaan penerbitan global yang telah banyak sekali menerbitkan buku, buku elektronik, dan beragam jurnal. Springer juga memiliki beberapa pangkalan data ilmiah, termasuk Springer Link, Springer Protocols, dan Springer Images yang bisa diakses secara gratis,” ujar Ida.

Ida berharap, semakin banyak mahasiswa ataupun kalangan dosen yang memanfaatkan jurnal dan ebook dari berbagai study yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan.

“Kami berharap ada tambahan nilai dari kerja sama ini baik itu dari kalangan dosen atupun kalangan mahasiswa. Mungkin berupa publikasi jurnal ataupun artikel ilmiah yang relevan dengan keilmuan masing-masing,” pungkas Ida.


Category: Berita , Berita Akademik