Jember, 19 April 2017

Fakultas Teknik Universitas Jember memberikan bantuan kepada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang berencana membangun dua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Jember. Bantuan yang akan diberikan berupa jasa konsultasi yang meliputi survey lokasi, pembangunan transmisi, pembuatan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), sosialisasi SUTT dan lainnya. Bantuan jasa konsultasi ini diwujudkan dalam kerjasama (MoU) yang naskahnya ditandatangani oleh Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember dengan Plt. General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali I, di gedung rektorat Kampus Tegalboto (19/4).

Menurut Mayarudin, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali I, berencana membangun dua SUTT di Jember, tepatnya di Puger dan Arjasa dengan kapasitas masing-masing gardu induk sebesar 150 KV. Pembangunan dua SUTT untuk mengantisipasi kebutuhan listrik yang makin meningkat di daerah Jember dan sekitarnya. Khusus untuk SUTT di Puger, dipersiapkan guna mendukung keberadaan pabrik semen yang telah beroperasi. “PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali I, memiliki surplus tenaga listrik sebesar 2.300 MV yang penyalurannya membutuhkan instalasi SUTT. Oleh karena itu kami menggandeng perguruan tinggi di lokasi bakal SUTT sebagai mitra dan konsultan,” jelas Mayarudin.

Pilihan menggandeng perguruan tinggi menurut Mayarudin karena perguruan tinggi memiliki kemampuan berupa sumber daya manusia beserta teknologinya. Selain itu perguruan tinggi dinilai mampu bersikap independen, sehingga diharapkan menjadi mediator jika terjadi masalah. “Kami sadar pembangunan SUTT memiliki sisi negatif dan positif, oleh karena itu kami harapkan peran kawan-kawan di Fakultas Teknik Universitas Jember guna memberikan masukan yang obyektif, sekaligus memberikan pemahaman yang benar terkait keberadaan SUTT kepada masyarakat,” ujar pria asal Purworejo ini.

Penandatanganan naskah kerjasama lantas dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Action (MoA), antara Entin Hidayah, Dekan Fakultas Teknik dengan Kenal Surbakti, Manager Perencanaan PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali I. Seusai penandatanganan, Entin Hidayah menegaskan kesiapan Fakultas Teknik Universitas Jember dalam membantu PLN. “Fakultas Teknik sudah memiliki kelompok-kelompok riset lintas disiplin yang diantaranya sudah mengkaji pembangunan SUTT, tidak hanya melibatkan dosen saja namun kami bakal melibatkan mahasiswa agar mendapatkan pengalaman kerja,” katanya.

Sementara itu, Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember mengharapkan agar penandatanganan kerjasama antara Kampus Tegalboto dengan PLN menjadi pintu masuk bagi kerjasama yang lebih luas lagi. “Ada banyak kesempatan yang bisa dikembangkan dalam kerjasama kali ini, antara lain penelitian mengenai energi terbaharukan yang kini mulai banyak dilirik sebagai pengganti bahan bakar fosil,” imbuhnya. Acara penandatanganan kerjasama antara Universitas Jember dihadiri juga oleh para Dekan di lingkungan Kampus Tegalboto dan pejabat PLN di Jember. (iim)


Category: Berita , Berita Akademik