Jember, 21 Juli 2014

Dua jalur masuk perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah berakhir. Begitu pula dengan Ujian Mandiri (UM) Gelombang 1 untuk jenjang S 1 yang diselenggarakan Universitas Jember juga telah berakhir.

Bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Universitas Jember masih ada kesempatan terakhir. Karena Universitas Jember masih membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri (UM) Gelombang II untuk jenjang D 3. Pendaftaran UM Gel II dibuka sejak tanggal 18 Juli dan akan berakhir pada 22 Juli mendatang.

Menurut Drs. Zulfikar, PhD Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Jember menjelaskan, UM Gelombang II ini juga terbuka bagi siswa SMA sederajat yang lulus pada tahun 2014, 2013 dan 2014 seperti halnya UM Gel. I. Namun pada UM Gel. II tidak dibuka pendaftaran untuk jenjang S1. Namun menurutnya tidak semua Fakultas membuka jenjang pendidikan D 3. Hanya ada 3 fakultas yang membuka jenjang D 3, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

Zulfikar menjelaskan, secara mekanisme pendaftaran pada UM Gel. II tidak ada perbedaan dengan UM Gel. I selain pada besarnya biaya pendaftaran. Pada UM Gel. II calon peserta diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke Bank Mandiri atau BNI dengan menggunakan nomer indentitas diri berupa nomer HP GSM.

Zulfikar menambahkan, setelah melakukan pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- untuk Soshum dan Saintek calon peserta akan mendapatkan nomer registrasi dan PIN yang kemudian digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://sister.unej.ac.id/um/ seperti halnya SBMPTN.

Senada dengan Drs. Zulfikar, PhD, Drs. Agung Purwanto, M.Si Kepala Humas dan Protokol menambahkan, setelah mendapatkan nomer pendaftaran dan PIN calon peserta cukup menyediakan file pas foto 4×6 dengan ukuran file maximum 100 Kb (resolusi 400 x 600) yang digunakan saat pengisian data diri secara online.

“Setelah melakukan pembayaran mereka (calon peserta) harus mengisi data personal, pilihan program studi dengan menggunakan nomer pendaftaran dan PIN yang diberikan Bank, dan terakhir sampai cetak kartu peserta ujian UM 2014,” imbuh Agung.

Lebih jauh Agung menjelaskan, ujian tertulis untuk UM gelombang II akan dilaksananakan pada tanggal 23 Juli 2014 sedangkan pengumuman hasilnya akan diumumkan pada 25 Juli 2014. “Semua dilakukan secara online dan bagi calon peserta yang hendak mengetahui secara detail informasi mengenai UM Gel. II bisa buka website www.unej.ac.id,” pungkasnya. (Mj)


Category: Berita Akademik