Jember, 22 April 2016.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 dibuka. Siswa siswi SMA sederajat lulusan tahun 2016, 2015 dan 2014 dapat mendaftarkan diri mulai tanggal 25 April sampai dengan 20 Mei 2016. Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas  Jember, Agung Purwanto, secara umum proses pendaftaran SBMPTN tahun ini tidak terlalu jauh berbeda dengan tahun lalu, hanya saja mulai tahun ini panitia menyediakan tes berbasis komputer atau Computer-Based Testing (CBT) selain tes tertulis  atau Paper-Based testing (PBT).

“Pendaftar dapat memilih akan mengikuti ujian CBT atau PBT, namun perlu diingat untuk Panitia Lokal Jember  hanya mendapatkan kuota pendaftar CBT  dari Panitia Pusat SBMPTN sejumlah 100 peserta. Jadi, prinsipnya siapa yang pertama mendaftar akan kami layani sampai mencukupi kuota yang ditentukan,” jelas Agung Purwanto di saat rapat koordinasi Panitia Lokal SBMPTN 2016 Panitia Lokal Jember (22/4). Agung juga menjelaskan, pilihan akan mengikuti CBT atau PBT terdapat pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id pada saat peserta melaksanakan pendaftaran online.

Untuk membantu para calon peserta SBMPTN, Panitia Lokal Jember membuka Pusat Informasi SBMPTN 2016 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), mulai tanggal 25 April sampai dengan 20 Mei 2016. “Setiap hari kerja akan ada petugas yang siap membantu memberikan segala informasi mengenai SBMPTN 2016, termasuk menyediakan komputer dengan fasilitas internet,” tambah Agung lagi. Namun Agung menganjurkan para calon peserta SBMPTN untuk proaktif mengunjungi situs resmi SBMPTN agar mengetahui dan paham persyaratan serta alur pendaftaran SBMPTN 2016.

Agung Purwanto menambahkan, Panitia Lokal Jember mulai mempersiapkan pelaksanaan SBMPTN 2016, termasuk mempersiapkan ruangan untuk ujian, baik CBT maupun PBT yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016. “Tahun lalu peserta ujian SBMPTN di Panitia Lokal Jember mencapai 10.948 orang, terdiri dari 4573 peserta kelompok ujian Sains-teknologi, 4372 peserta kelompok ujian Sosial-Humaniora, dan 2003 peserta kelompok ujian Campuran. Prediksi kami, jumlah peserta tahun ini akan naik. Untuk itu Panitia Lokal Jember akan mempersiapkan seluruh ruangan di Universitas Jember dan lokasi lain di seputaran kampus Tegalboto. Sementara untuk lokasi ujian SBMPTN dengan CBT, akan kami tempatkan di Fakultas Kedokteran,” ujarnya. Tahun ini, Universitas Jember merencanakan akan menerima mahasiswa baru sejumlah 2342 orang dari jalur SBMPTN, tidak terlalu berbeda dengan tahun lalu yang mencapai 2284 orang. (iim)


Category: Berita