Jember, 11 Oktober 2016

Universitas Jember gelar sosialisasi pengusulan program insentif publikasi, seminar nasional dan diseminasi pengembangan kerjasama berbasis staf/student mobility, (11/10). Acara yang digelar di aula lantai III Kantor Pusat Universitas Jember ini dalam rangka peningkatan indikator kinerja Universitas Jember berupa peningkatan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional.

“Saya harap program ini mampu meningkatkan reputasi Universitas Jember dalam publikasi jurnal pada taraf nasional ataupun internasional. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa tugas seorang dosen bukan hanya mengajar namun juga wajib melakukan penelitian,” demikian yang disampaikan oleh Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, PhD saat membuka acara.

Dalam acara yang diikuti oleh 112 undangan dari Pembantu Dekan I, Ketua Jurusan dan Kaprodi dari 13 fakultas dan 2 program studi setara fakultas di Universitas Jember ini mengatakan, program insentif publikasi artikel ilmiah ini dimaksudkan untuk mengakselerasi produktifitas publikasi artikel pada tingkat nasional ataupun internasional.

“Saya pikir program insentif ini dapat menumbuh kembangkan budaya akademik dikalangan dosen terutama dalam kegiatan menulis buku ilmiah. Harapannya program ini dapat mendorong dan memotivasi dosen untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mebuat buku ajar,” ujar Zulfikar.

Zulfikar berjanji, akan memberikan insentif kepada dosen yang melakukan publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi sebesar Rp. 3.000.000 per artikel.

“Untuk publikasi jurnal internasional yang terindeks scopus atau setara akan diberikan sebesar 5 juta sampai 12 juta tergantung dengan impact factor dari jurnal tersebut. Kalau untuk seminar internasional luar negeri akan kami ganti 100 persen tentunya syarat dan ketentuan berlaku,” jelas Zulfikar.

Zulfikar menambahkan, Universitas Jember juga akan memfasilitasi dosen/peneliti maupun mahasiswa untuk meningkatkan interaksi dan jaringan kerjasama baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kami siap memberikan bantuan biaya untuk kegiatan pertukaran mahasiswa, kunjungan budaya, diseminasi karya ilmiah yang berbasis pengembangan kerjasama, dan kegitan kerjasama lain dalam rangka menciptakan atmosfir akademik yang lebih baik,” pungkas Zulfikar.


Category: Berita Akademik