Jember, 8 Desember 2016

Universitas Jember mulai menerapkan aplikasi Sistem Perpustakaan (SIPUS) sebagai upaya memperkuat jaringan antar perpustakaan atau ruang baca di tiap fakultas dan program studi. Penerapan SIPUS diharapkan memberikan layanan yang lebih baik kepada sivitas akademika Kampus Tegalboto yang ingin memanfaatkan perpustakaan dan ruang baca yang tersebar di seluruh fakultas dan program studi. Untuk memperkenalkan aplikasi SIPUS, UPT Perpustakaan Universitas Jember menggelar sosialisasi aplikasi SIPUS kepada perwakilan seluruh program studi yang ada di Universitas Jember (8/12).

Menurut Ida Widyastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, penerapan SIPUS bertujuan untuk memaksimalkan peran perpustakaan dan ruang baca dalam mendukung pengembangan program studi. “Melalui SIPUS, maka pelayanan kepada para pengguna perpustakaan dapat ditingkatkan, misalnya setiap program studi nantinya dapat mengajukan usulan buku apa yang dibutuhkan, memantau angka kunjungan dan sebagainya. Bahkan layanan SIPUS bisa dengan mudah diakses melalui gadget,” ujar Ida Widyastuti. Aplikasi SIPUS juga terbuka untuk dikembangkan menurut kebutuhan tiap-tiap program studi.

Sementara itu dalam sambutannya, Zulfikar, Wakil Rektor I, mengharapkan dengan pemberlakuan SIPUS, akan terbangun keterkaitan antara UPT Perpustakaan dengan perpustakaan dan ruang baca yang ada di program studi. “Dengan penerapan SIPUS, mahasiswa di program studi Kesehatan Masyarakat mudah mengakses buku dan jurnal mengenai jumlah penyandang sosial yang ada di perpustakaan atau ruang baca di program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP,” jelasnya memberikan contoh.

Sosialisasi aplikasi SIPUS diikuti oleh 99 peserta yang merupakan perwakilan dari tiap program studi yang ada di Universitas Jember. Sementara materi yang diberikan meliputi penggunaan fasilitas pengusulan buku dan jurnal, fasilitas kunjungan, dan fasilitas rekapitulasi koleksi. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik aplikasi SIPUS oleh semua peserta. (nis)


Category: Berita , Berita Akademik