• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

~ update setiap hari ~

Dies Natalis Universitas Jember ke 53, Berkarya Berprestasi

Jember, 10 November 2017

Universitas Jember berulang tahun ke 53, peringatan Dies Natalis perguruan tinggi yang berdiri tanggal 10 November 1964 ini diperingati segenap sivitas akademika-nya dengan upacara bendera di lapangan upacara Kampus Tegalboto (10/11). Bertindak selaku pembina upacara, Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni yang mewakili Rektor yang sedang bertugas di luar negeri. Dalam sambutannya, Zulfikar, mengajak segenap dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan Universitas Jember untuk selalu memegang  komitmen berkarya dan berprestasi.

“Universitas Jember lahir bertepatan dengan Hari Pahlawan, hal ini bukan sebuah kebetulan belaka. Oleh karena itu marilah jadikan semangat Hari Pahlawan dalam berkarya dan berprestasi. Ayo jadi pahlawan sesuai dengan bidang dan peran masing-masing,” kata Zulfikar membakar semangat para peserta upacara. Wakil Rektor I juga menegaskan keberpihakan Kampus Tegalboto terhadap upaya memberikan kesempatan yang lebih luas bagi segenap lapisan masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi. “Dari data tahun 2014-2017, mahasiswa yang berasal dari keluarga menengah ke bawah mencapai 60,3 persen. Sementara dari keluarga menengah 37,6 persen dan sisanya yang 2,1 persen berasal dari keluarga kaya,” imbuhnya.

Memasuki usianya yang ke 53 tahun, hingga wisuda periode III tahun akademik 2017/2018 lalu, Universitas Jember telah meluluskan 92.661 lulusan yang sudah tersebar di seluruh nusantara bahkan di luar negeri. “Para lulusan kita juga sudah membuktikan lulus dengan IPK yang secara rata-rata mencapai 3,12. Selain itu kehidupan berorganisasi di kalangan mhasiswa juga Alhamdulillah berlangsung baik, salah satunya ditandai dengan suksesnya pemilihan ketua dan wakil ketua BEM serta anggota BPM dengan e-TPS,” kata Zulfikar.

Peringatan Dies Natalis ke 53 Universitas Jember diisi dengan berbagai kegiatan, mulai kegiatan akademik seperti seminar terkait kopi, berbagai lomba olah raga, sholawatan Al Ghofilin, Family Gathering dan kegiatan lainnya, yang akan berakhir dengan pelaksanaan Dies Reader pada tanggal 15 November 2017. Dalam kesempatan upacara bendera tersebut, Wakil Rektor I melepas dua buah rangkaian balon yang digantungi spanduk kecil bertuliskan Dies Natalis ke 53 Universitas Jember. Bagi penemu spanduk kecil tersebut bakal mendapatkan hadiah uang senilai satu juta rupiah. (iim)