• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

Duta Kampus Universitas Jember Sabet Gelar Duta GenRe Jember 2018

Jember, 15 Maret 2018

Duta Kampus Universitas Jember kembali mencetak prestasi. Setelah Calista Putri Savira meraih gelar Putri Kampus Jawa Timur 2017, kini Nuris Fatahillah, Juara II Duta Kampus Universitas Jember 2016,  yang membawa pulang gelar Duta Generasi Berencana (GenRe) 2018 Jember untuk kategori Putra. Dalam pemilihan yang digelar hari Minggu lalu (11/3), Nuris Fatahillah berhasil menyisihkan 21 peserta lainnya yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Jember. Dan yang lebih membanggakan lagi bagi Kampus Tegalboto, Duta GenRe 2018 Jember untuk kategori Putri diraih Siti Umi Afifah, mahasiswi Program Studi Fisika FMIPA. Dengan keberhasilannya ini, Nuris dan Afifah bakal mewakili Jember untuk maju ke Pemilihan Duta GenRe 2018 tingkat provinsi Jawa Timur pada 21 Maret nanti di BG Junction, Surabaya.

“Awalnya saya sempat bimbang akan mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe karena kesulitan membagi waktu. Sebab pada saat yang bersamaan, saya juga bersiap mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Jember. Sibuk mencari data dan menulis karya tulis ilmiah yang makin mendekati deadline, tapi akhirnya saya putuskan tetap ikut. Dan alhamdulillah, akhirnya menang,” kata Nuris mengawali kisahnya di sela perkuliahannya (15/3). Kesibukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ini kini makin bertambah, bersiap mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi Jawa Timur dan menghadapi tahapan psikotes dan presentasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Universitas Jember.

Ajang Pemilihan Duta GenRe sendiri adalah program yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Tujuannya adalah memilih motivator yang bakal menyampaikan pesan-pesan dan program BKKBN, khususnya dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga dalam rangka mewujudkan Generasi Emas Indonesia. Pemilihan Duta GenRe dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Khusus untuk Kabupaten Jember, Program Pemilihan Duta GenRe dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Saat pemilihan berlangsung, setiap peserta diuji kemampuan akademis dan non akademis meliputi tes tulis, wawancara, serta unjuk bakat yang dilaksanakan dari 6 Maret hingga saat final tanggal 11 Maret 2018 lalu. Mahasiswa asal Banyuwangi ini berusaha all out memberikan seluruh kemampuan di tiap tahapan yang dilalui, termasuk saat menunjukkan bakat seninya dengan membawakan tarian khas Papua, tari Sajojo. “Para juri memuji penampilan saya saat menari Sajojo. Menurut juri penampilan saya sangat all out dibandingkan dengan para peserta lain. Memang pada saat itu saya antusias sekali, saya menyiapkan properti lengkap dan memakai pakaian khas Papua ketika tampil,” ungkapnya sambil tertawa mengenang perjuangannya tersebut.

Usai resmi terpilih sebagai Duta GenRe Jember 2018, Nuris sudah ditunggu tugas-tugas yang harus diembannya dari DP3AKB Kabupaten Jember. Diantaranya terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan bahaya seks pranikah, menyebarluaskan informasi mengenai pendewasaan usia perkawinan hingga pencegahan NAPZA dan minuman keras. “Konsentrasi saya kini kepada pemilihan mahasiswa berprestasi Universitas Jember, dan mengikuti Pemilihan Duta GenRe Jawa Timur 2018. Kami mohon doa dan dukungannya agar saya dan Afifah dapat mengharumkan nama Kampus Tegalboto dan juga Kabupaten Jember dalam ajang tersebut,” tutur Nuris mengakhiri obrolan kami. (lid/iim)