Berita Universitas Jember

Peringati International Nurse Day, Mahasiswa Kampus Lumajang Layani Lansia

Lumajang, 17 Mei 2019

Tanggal 12 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai International Nurse Day (IND) atau Hari Perawat Internasional. Berbagai kegiatan diadakan dalam rangka memperingati hari yang penting bagi perawat di seluruh dunia ini, seperti yang juga diadakan oleh Program Studi Diploma Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Tahun ini mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang memilih memberikan layanan kesehatan bagi para Lansia yang berada di Wisma Lansia Gerbangmas Lumajang (5/5). Kali ini para calon perawat memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terkait osteoporosis pada lansia.

Menurut  Achlis Abdillah, dosen sekaligus pembina Himpunan mahasiswa (HIMA) Program Studi Diploma Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi Lansia dipilih mengingat jumlah Lansia di Indonesia makin bertambah, seiring dengan makin membaiknya taraf hidup dan mutu layanan kesehatan. “Dari penelitian yang dilakukan oleh Siti Fadhilah Supari menyatakan, penduduk Indonesia memiliki kecenderungan terancam osteoporosis enam kali lebih tinggi dari Belanda. Penyakit ini dicirikan dengan nyeri pada tulang dan patah tulang mendadak. Oleh karena itu kami ingin menyosialisasikan apa dan bagaimana serta upaya mencegah osteoporosis kepada Lansia,” jelasnya. Selain bertujuan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi Lansia, kegiatan kali ini sekaligus menguji performa mahasiswa.

Selain meggelar pemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi tes GDA, kadar asam urat, kolesterol dan lainnya, mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang juga mengajarkan senam Lansia bagi para penghuni Wisma Lansia Gerbangmas yang ada di jalan Panjaitan Lumajang. Para Lansia juga diajak menanam berbagai tanaman obat (Toga) di halaman wisma agar dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit tertentu. “Dengan memberikan pengetahuan kesehatan mengenai osteoporosis, mengajarkan senam osteoporosis, serta pemeriksaan kesehatan pada Lansia, kami berharap quality of life Lansia di Wisma Lansia Gerbangmas makin meningkat,” tutur Darmayanti Putri Jaladri selaku wakil ketua HIMA Program Studi Diploma Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Kegiatan bersifat sosial menjadi agenda rutin pengurus HIMA karena dinilai dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan di sekelilingnya.

Peringatan Kegiatan IND disambut positif oleh Rini Asnawati, staf bidang Kasih Anak dan Lansia Dinas Sosial Lumajangi. “Terimakasih atas kehadiran tim dari Universitas Jember Kampus Lumajang, para Lansia di sini sangat senang terbukti jika biasanya hanya sepuluh Lansia yang hadir kini ada lebih dari dua puluh yang ikut serta. Yang lebih penting lagi merasa diperhatikan oleh para calon perawat ini. Kami berharap adik-adik mahasiswa bisa memberikan sentuhan baik fisik maupun psikis sehingga para Lansia memiliki semangat tinggi untuk menikmati masa tuanya. Dan saya juga berharap adik-adik ini menganggap para lansia sebagai keluarga sendiri. Semoga kegiatan kali ini dapat rutin diadakan karena menambah pengetahuan mahasiswa terkait bagamana menangani Lansia ini,” ungkap Rini Asnawati.

Harapan Rini Asnawati disanggupi oleh tim Universitas Jember Kampus Lumajang seperti yang disampaikan oleh Achlis Abdillah dan Darmayanti Putri Jaladri. Menurut  keduanya kegiatan seperti ini akan diagendakan secara rutin.  “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan meningkatkan rasa kepedulian, cinta kasih, dan tanggung jawab sosial mahasiswa, serta memberikan manfaat nyata kepada masyarakat, sekaligus menampung minat, bakat, dan aspirasi mahasiswa. Untuk itu akan selalu ada,” kata Achlis Abdillah. “Kami di pengurus HIMA sudah mencanangkan berbagai program pengabdian kepada masyarakat yang menyasar berbagai lapisan masyarakat,” pungkas Darmayanti Putri Jaladri. (Tim UNEJ Kampus Lumajang)