• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

Moh. Hasan : Jangan Asal-Asalan Dalam Menilai

Jember, 21 Februari 2018

Rektor Universitas Jember Moh. Hasan membuka secara langsung acara Penyamaan Persepsi Calon Asesor Serdos Baru Dan Penyegaran Asesor Serdos Lama Sertifikasi Dosen Universitas Jember Tahun 2018. Acara yang dilaksanakan di aula lantai III kantor pusat Universitas Jember ini diselenggrakan oleh Lembaga Pengembangan Pemlajaran Dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember, Rabu (21/02).

Dalam sambutannya Moh. Hasan mengatakan peran asesor dalam proses pengajuan sertifikasi dosen sangat penting. Oleh karena itu menurutnya, seorang asesor wajib menguasai betul tentang rambu-rambu dalam penilaian.

“Seorang asesor tidak boleh menafsirkan secara pribadi dalam memberikan penilaian terhadap dosen yang disertifikasi. Karena semua aturan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga asesor harus benar-benar profesional dalam bekerja,” ujar rektor.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penilai Serdos (PTPS) hingga saat ini Universitas Jember telah memiliki 163 orang asesor. 101 orang asesor merupakan asesor lama dan 62 orang adalah asesor baru. Di hadapan para asesor lama dan baru itu Moh. Hasan berpesan agar lebih serius dalam memahami dan mempelajari rambu-rambu dalam penilaian.

“Saya tidak ingin teman-teman dari Universitas Jember asal-asalan dalam melakukan penilaian, atau bahkan memberikan penilaian yang mengandung unsur kecurangan. Tentu hal itu kan ketahuan karena semua dilakukan secara online dan terpantau jelas. Mana kala ada kejanggalan pasti akan ketahuan,” pesan rektor.

Senada denga rektor, Prof. Dr. M. Zainuddin, Apt. dalam penyampaian materinya mengatakan, semua perilaku asesor saat malakukan penilaian akan terekam dalam sistem. Apabila ada kecurangan maka akan ada sanksi yang tegas kepada asesor yang bersangkutan.

“Kami sangat berharap teman-teman semua bisa bekerja secara profesional dengan memberikan penilaian secara jujur dan adil. Kerena apabila ketahuan ada kecurangan kami berhak memberhentikan sementara yang bersangkutan sabagai asesor. Jika itu sampai terjadi tentu ini akan mencoreng nama anda sebagai asesor dan instansi tempat teman-teman bekerja dalam hal ini adalah Universitas Jember” ujar Prof. Zainudin.

Sementara itu Ketua LP3M Universitas Jember DrAkhmad TaufiqS.S.M.Pd. mengatakan bahwa acara Penyamaan Persepsi Calon Asesor Serdos Baru Dan Penyegaran Asesor Serdos Lama Sertifikasi Dosen Tahun 2018 ini sudah ditunggu-tunggu terutama oleh para asesor yang baru. Oleh karena itu dalam acara ini seluruh asesor lama dan baru diwajibkan hadir dan mengikuti acara hingga selesai.

“Kehadiran peserta ini sifatnya wajib sebagai prasyarat untuk kelengkapan terbitnya NIRA Asesor Serdos oleh Tim Serdos Nasional. Diharapkan dengan acara ini semakin beragamnya bidang ilmu yang dimiliki asesor serdos Universtas Jember semakin dipercaya untuk memberikan penilaian porfolofio dosen yang disertifikasi dari berbagai bidang ilmu,” ujar Taufik.(iim)