• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

MTQM Regional V Jawa Timur 2018 Resmi Ditutup Universitas Jember Dapat Dua Gelar, UM Jadi Juara Umum

Jember, 14 Juni 2018

Ajang unjuk kebolehan kemampuan bagi mahasiswa se Jawa Timur dalam pemahaman akan Al Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQ-M) Regional Jawa Timur V 2018, resmi ditutup hari Senin malam (13/8). Tuan rumah, Universitas Jember kebagian dua gelar, yakni juara pertama cabang musabaqah Khaththil Qur’an atas nama Intan Dwi Masrullah, dan juara ketiga cabang lomba musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz yang direbut oleh Faisal Amjad Adi P. Keduanya adalah mahasiswa FISIP. Sementara itu kafilah Universitas Negeri Malang (UM) kembali mempertahankan predikat juara umum dalam MTQ-M Regional V Jawa Timur setelah menyabet sebelas gelar, yang terdiri dari sembilan gelar juara pertama, dan dua gelar juara kedua, dari berbagai cabang lomba.

Keberhasilan Universitas Jember membawa pulang dua gelar patut disyukuri, pasalnya pada hajatan MTQ-M Regional IV Jawa Timur di Universitas Trunojoyo Madura dua tahun lalu, kafilah Kampus Tegalboto sempat absen. “Alhamdulillah kita dapat dua gelar. Semula kita berharap dapat gelar dari cabang Khaththil Qur’an dan Syarhil Qur’an. Tapi ternyata untuk Syarhil Qur’an targetnya meleset, justru dapat gelar dari Hifzhil Qur’an 5 juz. Semoga di ajang MTQ-M selanjutnya, kafilah Universitas Jember bakal lebih mampu berprestasi,” ujar Abdul Majid, pembina Kafilah Universitas Jember yang membawa 24 mahasiswa di ajang kali ini. Dirinya berjanji akan lebih aktif mencari bakat-bakat baru di kalangan mahasiswa sejak awal, agar pembinaannya bisa lebih intensif dan berkelanjutan.

Pembinaan yang intensif dan berkelanjutan ternyata memang menjadi kunci keberhasilan dalam ajang MTQ-M. Seperti yang disampaikan oleh Syamsul Hadi, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UM. Dalam kegiatan saresehan yang diadakan oleh Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (ADPISI) Wilayah Jawa Timur yang diadakan di aula lantai 3 gedung rektorat Sabtu lalu (11/8). Guru besar teknik mesin UM ini membeberkan resep hingga kampusnya dapat mendominasi gelaran MTQ-M Regional Jawa Timur. “Kami di Universitas Negeri Malang rutin menyelenggarakan kegiatan MTQ-M tingkat universitas bahkan di tingkat fakultas, kami juga membina UKM Klub Studi Al Qur’an, sehingga tidak pernah kehabisan calon peserta MTQ-M,” tutur Syamsul Hadi. Keberhasilan kafilah UM menjadi juara umum di kampus Tegalboto mengulangi kisah sukses mereka di ajang MTQ-M Regional Jawa Timur IV yang digelar di Universitas Trunojoyo Madura tahun 2016 lalu.

Sementara itu dalam pidato penutupannya, Wachju Subchan, Wakil Rektor II Universitas Jember menyatakan rasa bangganya mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah MTQ-M Regional Jawa Timur V. Apalagi jumlah peserta tergolong banyak, dengan 789 peserta yang berasal dari 73 kafilah utusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri, dan perguruan Tinggi Keagamaan Swasta. “Semoga ajang MTQ-M Regional Jawa Timur V di Kampus Tegalboto benar-benar menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi diantara mahasiswa di Jawa Timur. Sehingga usaha kita untuk membumikan Al Quran, meningkatkan spiritualitas dan intelektualitas dalam menggapai Islam rahmatallilalamin, benar-benar  dapat terwujud,” jelas Wachju Subchan.

Penutupan kegiatan MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018 diramaikan dengan penampilan kelompok hadrah Nur Iman yang beranggotakan para karyawan Universitas Jember, grup seni Patrol Mbako Kerreng dari Desa Mangaran Kecamatan Ajung yang disertai tari can macanan kadduk, serta pesta kembang api. Para pemenang dalam ajang MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018 di Universitas Jember selanjutnya bakal menjadi duta-duta Jawa Timur dalam MTQ-M Nasional 2019 yang akan digelar di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. “Terima kasih Universitas Jember, kita akan bertemu kembali di MTQ-M Regional Jawa Timur VI tahun 2020 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya,” pungkas Yusuf Hanafi, ketua terpilih ADPISI Jawa Timur kepada segenap kafilah. (iim)

Berikut Daftar Pemenang MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018 (klik)