Berita Universitas Jember

Satpam Universitas Jember Unjuk Kebolehan Dalam HUT Satpam ke 38

Jember, 2 Januari 2019

Para anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Universitas Jember unjuk kebolehan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpam ke 38 di halaman Mapolres Jember (2/1). Berbagai atraksi ditampilkan seperti unjuk kebolehan beladiri Polri menggunakan borgol, hingga pemecahan benda keras seperti beton dan besi. Selain unjuk kebolehan, anggota Satpam Universitas Jember juga menjadi petugas upacara. Kesempatan ini merupakan kehormatan bagi Satpam Universitas Jember, mengingat tidak semua anggota Satpam di Jember mendapatkan kepercayaan seperti ini.

“Alhamdulillah, hampir setiap tahun pada upacara HUT Satpam di Mapolres Jember, selalu saja anggota Satpam Universitas Jember yang mendapatkan kepercayaan untuk unjuk kebolehan. Hal ini merupakan kebanggaan yang wajib dipertahankan,” tutur M. Mahfud, Komandan Satpam Universitas Jember disela-sela upacara. Hari itu dirinya membawa 19 anggota dalam rangka upacara dan unjuk kebolehan dalam rangka HUT Satpam ke 38. Untuk diketahui, HUT Satpam diperingati setiap tanggal 30 Desember. “Namun untuk di Jember, baru digelar pada tanggal 2 Januari mengingat padatnya kegiatan di Polres Jember,” imbuh M. Mahfud.

Peragaan beladiri Polri dan unjuk kebolehan pemecahan benda keras disaksikan langsung oleh Wakapolres Jember, Kompol. Bagus Ikhwan, SIK., MH yang juga menjadi inspektur upacara HUT Satpam. “Selain mendapatkan diklat beladiri Polri, kami juga selalu meningkatkan kemampuan anggota Satpam Universitas Jember, diantaranya dengan kemampuan pencak silat, yakni mengikuti perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate. Kebetulan para anggota yang unjuk kebolehan mematahkan benda keras, semuanya ikut perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate,” jelas M. Mahfud yang membawahi 153 anggota di Kampus Tegalboto.

Sebelumnya dalam upacara bendera HUT Satpam, Wakapolres Jember mewakili Kapolres membacakan amanat Kapolri yang mengambil tema Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemiliu Tahun 2019. Dalam amanatnya, Kapolri meminta segenap anggota Satpam di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan profesionalitas serta mendukung Polri dalam rangka menjaga kondisi kamtibmas nasional. “Tantangan Satpam ke depan makin berat, apalagi di tahun 2019 ini akan ada pelaksanaan Pemilu. Oleh karena itu Satpam harus peka mendeteksi setiap potensi kerawanan, mencegahnya dengan aksi yang tepat, serta selalu berkoordinasi dengan Polri,” ujar Kompol. Bagus Ikhwan, SIK., MH. (iim/jae)