• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

Sempat Ketinggalan Info, Mahasiswa FMIPA UNEJ Raih Juara I Nucleon Physic Competition

Jember, 25 April 2018

Prestasi membanggakan diraih oleh duo mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jember. Fatoni Firmansyah dan Rifang Pri Asmara, mahasiswa Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas Jember berhasil meraih Juara 1 dalam Nucleon Physic Competition di kampus Universitas Negeri Malang (UM), 22 April 2018 lalu. Tim Fatoni dan Rifang meraih Juara I setelah mengikuti tiga tahap dalam ajang bergengsi tersebut dan berhasil mengalahkan tim dari Universitas Negeri Malang yang berada di posisi kedua dan ketiga.

 “Persiapan yang kami lakukan hanya dua minggu menjelang kompetisi. Tapi Alhamdulillah, meskipun waktunya cukup mepet kami bisa pulang sebagai juara pertama kemarin,” tutur Rifang Pri Asmara, mahasiswa Fisika FMIPA UNEJ angkatan 2015 tersebut. Rifang dan Fatoni lantas menceritakan pengalaman keduanya dalam mempersiapkan kompetisi saat ditemui oleh awak Humas dan Protokol Universitas Jember pada Rabu (25/4). Keduanya mengaku bahwa baru mengetahui peraturan kompetisi pada H-2 kompetisi dilaksanakan. Meski demikian, hal tersebut tidak membuat keduanya lantas patah arang.

“Karena saking konsennya melakukan persiapan untuk kompetisi ini, kami baru tahu kalau ternyata ada panduan mengenai pelaksanaan dan teknis lomba. Sehingga bisa dibilang persiapan kami kurang matang karena kami baru tahu H-2 kalau ada babak penyisihan berupa praktikum pada tahap kedua kompetisi.” ujar Fatoni Firmansyah, mahasiswa Fisika FMIPA UNEJ asal Jember tersebut.

Kompetisi ini diikuti oleh 50 tim peserta yang berasal dari PTN dan PTS se-Jawa Timur. Pada saat kompetisi berlangsung, Rifang dan Fatoni mengikuti tiga tahap seleksi. Di tahap pertama yang merupakan seleksi ujian tulis, keduanya mendapatkan skor tertinggi dan kemudian berhasil lolos ke tahap dua atau semi final. Di tahap semi final inilah keduanya melakukan percobaan semacam praktikum merakit teleskop bintang. Saat tahap kedua usai, Rifang dan Fatoni diumumkan berhasil untuk maju ke babak final bersama empat tim peserta lainnya yang berasal dari Universtas Negeri Malang dan ITS Surabaya. Saat babak final berlangsung, skor yang didapatkan oleh Rifang dan Fatoni cukup jauh dibandingkan dengan juara II, yakni selisih 100 poin.

Baik Rifang maupun Fatoni berharap, prestasi yang telah mereka raih dapat memberikan motivasi bagi para mahasiswa lainnya khususnya adik angkatan untuk dapat terus memicu semangatnya dalam meraih prestasi dan mengharumkan nama Universitas Jember.