Berita Universitas Jember

Spirit Kuliah Keagamaan Melalui Media Daring

Oleh: Tauhedi As’ad

Semangat kegiatan akademik tidak surut kepermukaan dengan adanya suasana pandemikk covid-19 2020, kegiatan mata kuliah wajib umum PAI pada khususnya tetap diadakan oleh kampus perguruan tinggi yang ada di Jember. Salah satu kampus perguruan tinggi adalah kampus Universitas Jember (UNEJ) telah mengadakan agenda Nuzulul Quran secara daring 2020 yang diikuti oleh sebagian dosen dan mahasiswa. Kegiatan kuliah umum ini di koordinir oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter dan Ideologi Kebangsaan (P3KIK) Bapak Dr. H. Mahfudz Siddiq dibawah naungan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin mutu (LP3M) Bapak Prof Bambang Soedjanarko, bahkan kegiatan kuliah wajib umum secara daring mendapatkan antusias yang luar biasa oleh Rektor Universitas Jember Bapak Iwan Taruna. Dengan semangat kegiatan akademik ini, maka dosen dan mahasiswa khususnya yang menempu matakuliah PAI bisa beradaptasi dan membiasakan diri dengan daring untuk mengikuti kegiatan keagamaan di era pendemik covid-19 2020.

Kegiatan kuliah umum keagamaan melalui daring ini, di kemas kedalam tiga tema yang berbeda dengan narasumber yang berbeda pula. Yang pertama, pada tanggal 9 Mei 2020 dengan tema: Meningkatkan Spirit Keimanan dan Ketakwaan Mahasiswa dalam Muhasabah Nuzulul Quran di bulan Ramadhan 1441 H, dengan narasumber KH. Muhammad Kholid.  Yang kedua, pada tanggal 16 mei 2020 dengan tema: Makna Hakikat Puasa di Era Pandemik Covid-19 di bulan Ramadhan 1441 H. dengan nara sumber Gus Muhammad Erfan Mu’tazim Billah, dan yang ketiga, tanggal 19 mei 2020 dengan tema:  Refleksi Ramadhan 1441 H di Tengah Pandemikk Corona-19 dengan nara sumber Gus Suparman. Karena itu, sebanyak  jumlah 4.031 mahasiswa angkatan 2019 Universitas Jember yang menempu matakuliah wajib umum PAI dengan ketua kelas yang bergabung sekitar 83 mahasiswa dengan 13 dosen PAImengawal dalam kegiatan suksesnya kuliah daring secara bersamaan.Di dalam cacatan ketua LP3M yang masuk, ada sekitar 2500 mahasiswa yang mengikuti akun Instagram, 100-an mahasiswa melalui akun Facebook dan 200 mahasiswa melalui akun Youtube, serta 100-an mahasiswa yang mengikuti melalui aplikasi Zoom.

Agenda Nuzulul Quran tersebut disambut gembira oleh bapak Rektor UNEJ dengan sambutannya melalui daring. Beliau juga menuturkan yang pertama dosen PAI menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter bagi mahasiswa yang muslim, yang kedua mari kita beradaptasi terhadap pandemik covid-19 dengan selalu bersikap optimis sebab pandemik covid-19 mengajarkan hal positif diantaranya mengajarkan gaya hidup sehat, meningkatkan solidaritas sosial, membiasakan belajar daring serta mendorong penelitian terkait covid-19 bahkan yang paling utama agar lebih dekat Allah Swt. Senada apa yang disampaikan oleh narasumber KH. M. Khalid dari Pengasuh Pondok Pesantren Abu Zairi Bondowoso memberikan wejangan mengenai al-Quran. Al-Quran telah mengajarkan keseimbangan hidup antara hubungan manusia dengan Allah dan Manusia dengan sesamanya serta lingkungannya. Dengan ujian dan cobaan yang menimpa di negeri kita dengan makhluk yang tidak tampak, maka umat Islam terus-menerus memahami isi al-Quran dengan benar serta mawas diri terhadap apa yang terjadi saat ini.

Dengan demikian, kegiatan kuliah umum melalui daring merupakan langka awal persahabatan bagi dosen PAI dengan perkembangan teknologi digital. Banyak dosen dan mahasiswa merasakan dampaknya suasana pandemik covid-19 tersebut sehingga pelaksanaan perkuliahan dirumah masing-masing secara daring. Melalui kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan secara daring agar bisa menjaga diri dengan jarak sosial, politik dan lembaga pendidikan secara langsung dengan rasa optimis dan positif agar semuanya segera keluar dari pandemik covid-19 melalui cara sama-sama menjaga kesehatan masing-masing individu, memperbanyak berdoa terhadap yang maha kuasa serta saling membantu untuk meringankan beban masyarakat yang tidak mampu. Karena itu, kegiatan kuliah umum melalui daring sejatinya membangun spirit ajaran dan pesan keagamaan melalui peristiwa alam semesta dan perkara-perkara yang terjadi di negeri kita baik karena perbuatan tangan manusia yang serakah maupun pola gaya hidup melampaui batas sehingga Allah memberikan pelajaran terhadap kita dengan adanya kasus pandemik covid-19.

Harapan kita, kegiatan daring sebagai alat penyambung komunikasi secara tidak langsung agar kegiatan perkuliahan tetap memenuhi standar minimal kehadiran dikelas dan kegiatan kuliah daring hampir dipastikan diberlakukan oleh perguruan tinggi di Indonesia khususnya universitas Jember. Sangat apresiatif bagi civitas akademika kampus UNEJ telah memberikan respon baik adanya kegiatan kuliah umum yang telah diadakan oleh ketua LP3M dan P3KIK secara serentak. Oleh karena itu, semangat kegiatan akademik melalui daring akan berlangsung sampai kegiatan diluar Ramadhan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada. Dosen dan mahasiswa univeristas Jember secara keseluruhan terus-menerus memberikan dukungan moral terhadap kegiatan Kuliah Umum khususnya materi ke-PAI-an yang di ampu oleh dosen agama secara daring. Semoga media daring menjadi persahabatan kita sesuai dengan perkembangan dunia saat ini yang serba digital dan informasi-teknologi. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Penulis adalah Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian dan Mengajar Matakuliah PAI-MKU UNEJ.

Biodata

Nama               : Tauhedi As’ad

Domisili           : Perumahan Bumi Kaliwates Jember

Email               : tauhediasad@gmail.com

Pekerjaan         : Dosen MKU/Faperta UNEJ

Nomor Wa      : 081231903354

Leave a comment