Ulang Tahun Pertama Kreanova Universitas Jember Berlangsung Seru

Jember, 23 April 2018

Sunday Market Kreanova (SMK) Universitas Jember merayakan ulang tahunnya yang pertama (22/4). Peringatan ulang tahun kegiatan yang menampung kreativitas, dan semangat berwirausaha dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Universitas Jember ini berlangsung seru dengan adanya lomba senam dan lomba menggambar bagi anak-anak. Tidak heran jika Kampus Tegalboto Minggu pagi itu tampak lebih ramai dari biasanya. Ratusan sivitas akademika Universitas Jember, dan masyarakat sekitar asyik berolah raga, sambil menikmati berbagai keunikan yang disajikan para pegiat Kreanova.

Dalam sambutannya, Soni S. Harsono, ketua Kreanova, menyatakan rasa syukurnya karena kegiatan setiap Minggu pagi ini mampu bertahan hingga saat ini. “Banyak kendala dan tantangan yang menerpa, tetapi Alhamdulillah dengan semangat kebersamaan Sunday Market Kreanova mampu terus berjalan. Kreanova tidak sekedar menjadi wahana berwirausaha saja, namun juga berlatih mengembangkan jiwa sosial sambil saling belajar,” tutur Soni S. Harsono. Minggu pagi itu jalanan di depan UPT Perpustakaan dipadati oleh 41 pelapak yang menawarkan berbagai jualannya, dari makanan, pakaian hingga kebutuhan sehari-hari.

Apayang disampaikan ketua Kreanova bukan tanpa alasan, sebab selain diisi para pelapak yang merupakan dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Universitas Jember, kegiatan Kreanova juga menjadi arena berlatih wirausaha bagi mahasiswa. Contohnya saja Minggu itu tampak mahasiswa Program Studi Kimia FMIPA dari lintas angkatan tengah berkompetisi, saling berusaha menjajakan dagangannya. “Mulai angkatan tahun 2014 hingga 2017 hadir, masing-masing angkatan membuat jajanan atau minuman yang lantas dijual. Juaranya adalah yang berhasil paling banyak menjual,”ujar Ani, salah seorang mahasiswi yang hadir.

Kehadiran Sunday Market Kreanova setiap hari Minggu, membuat kampus Tegalboto kini menjadi salah satu tujuan masyarakat Jember untuk menghabiskan akhir pekan. Sebab selain dapat berolah raga di lokasi yang sejuk dan asri, para pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan yang ada. Beberapa kegiatan edukatif seperti latihan panahan dan pengenalan akan tanaman hidroponik juga dilaksanakan di lokasi Sunday Market Kreanova di seputaran lapangan Universitas Jember. “Kebersamaan dan kerjasama yang ditunjukkan oleh Kreanova ini menjadi modal sosial untuk dikembangkan di berbagai bidang,” imbuh Dewi Kawima, pegiat Kreanova yang juga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Selain dapat berpartisipasi dalam lomba senam dan menggambar, para pengunjung Sunday Market Kreanova disuguhi berbagai hiburan, antara lain peragaan busana muslim oleh para mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian, dan hadrah dan sholawat Nabi yang dilantunkan oleh mahasiswa FKIP. “Menurut rencana, selama bulan puasa nanti,  Sunday Market Kreanova bakal buka sore hari menjelang berbuka puasa. Sementara untuk lokasinya kami rencanakan di seputaran double way kampus Tegalboto,” imbuh Soni S. Harsono. (iim)