• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

Upaya Universitas Jember Tingkatkan Publikasi Lembaga Datangkan Jurnalis, Latih Pengelola Web dan Mahasiswa

Jember, 20 September 2018

Universitas Jember terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi lembaga melalui website dan media sosial yang ada di fakultas dan unit kerja. Salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan memberikan bekal kepada pengelola website fakultas dan unit kerja tentang bagaimana menulis berita, membuat produksi audio visual, dan pemanfaatan media sosial untuk promosi dan publikasi. Kegiatan ini dikemas dalam Pelatihan Peningkatan Kualitas Website Unit Kerja di Lingkungan Universitas Jember Melalui Pengembangan Kemampuan Pengelola. Kegiatan digelar di Agrotechno Park Universitas Jember di Jubung selama dua hari (18-19/9). Tercatat ada 90 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa.

Menurut Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, kegiatan pelatihan digelar karena melihat belum semua website dan media sosial di fakultas dan unit kerja yang aktif, padahal dewasa ini website dan media sosial menjadi media alternatif andalan dalam menyebarluaskan informasi, sekaligus berpromosi. “Website dikatakan aktif jika isinya yang berupa informasi dan berita secara periodik berganti. Nah, untuk membuat berita dan menampilkan informasi yang menarik, maka para pengelola website kami berikan bekal ilmu pengetahuan yang mendukung. Oleh karena itu kami sengaja menghadirkan kawan-kawan para praktisi yang kompeten dari media cetak, daring, dan televisi yang kami harapkan menularkan ilmu dan pengalamannya kepada pengelola website dan mahasiswa,” tutur Agung Purwanto.

Agung Purwanto lantas menambahkan, dari pengalaman selama ini melaksanakan kegiatan promosi Universitas Jember, para siswa yang menjadi target audience sekaligus calon mahasiswa merupakan generasi millenial yang akrab dengan gadget, melek teknologi informasi, serta memiliki media sosial. “Jika target audience kita sudah terbiasa dengan gadget dan media sosial, maka mau tidak mau cara kita menyebarkan publikasi dan berpromosi juga harus mengikuti cara generasi millenial juga. Selain itu publikasi dan promosi dengan website dan media sosial dirasa lebih murah dan langsung menuju sasaran,” urai dosen di Program Studi Hubungan Internasional FISIP ini.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember. Dalam sambutannya Moh. Hasan menegaskan bahwa website dan media sosial memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah institusi. Karena keduanya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang detail mengenai institusi tersebut. “Keinginan masyarakat untuk berburu informasi melalui media online saat ini semakin dinamis. Tentunya masyarakat akan enggan melirik institusi kita manakala, informasi yang disajikan di website fakultas dan unit kerja tidak lengkap,” kata Moh. Hasan.

Moh. Hasan mengatakan, website dan media sosial adalah media yang memiliki keunggulan tinggi untuk menyampaikan berita dengan sangat cepat dengan biaya murah. Oleh karena itu para pengelola website harus memperhatikan betul terhadap konten yang disajikan. “Mari manfaatkan betul website dan media sosial yang kita punya, karena jika kita hanya melakukan publikasi menggunakan media massa mainstream saja, tentunya jangkauannya terbatas serta memerlukan biaya yang cukup besar. Berbeda halnya jika dengan menggunakan facebook misalnya, selain murah bahkan gratis bisa menjangkau masyarakat seluruh Indonesia bahkan dunia,” tuturnya.

Moh. Hasan berharap, website dan media sosial yang ada diseluruh fakultas dan unit kerja di Kampus Tegalboto dikelola dengan baik. “Stake holder dan perguruan tinggi yang ada diluar negeri pun tentunya akan melirik kita untuk bekerjasama, jika informasi dan data yang ada di website dan media sosial kita disajikan dengan menarik. Selain itu keberadaan website dan media sosial dapat memberikan kenyamanan kepada orang tua, sebab mereka dapat mengetahui apa saja kiprah putra putrinya selama di kampus dengan mudah dan murah,” pungkasnya.

Para pemateri yang hadir antara lain Sunarto dari Harian Radar Jember, Zumrotun Solichah dari Antarajatim.com, Imron Fahim dari Kompas TV, serta pemateri internal diwakili Romdhi Fatkhurrozi dari Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Untuk diketahui, pelatihan juga melibatkan mahasiswa penerima Beasiswa Berkarya yang bertugas di bidang Kehumasan. “Para mahasiswa penerima Beasiswa Berkarya di bidang Kehumasan inilah yang kami harapkan dapat membantu mengisi berita dan tampilan interaktif di website masing-masing fakultas dan unit kerja, serta menggawangi media sosial,” kata  Agung Purwanto. Selain mendapatkan materi dari para pemateri, peserta juga diajak berdiskusi mengenai problema selama mengelola website. (iim/mun)