Berita Universitas Jember

Wakil Rektor I: “Kegiatan Mahasiswa Harus Bergairah Dan Dinamis”

Jember, 28 Januari 2019

Wakil Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar, Ph.D melantik pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Jember periode 2019, di Aula Lantai III Kantor Pusat Universitas Jember, (28/1). Dalam acara pelantikan yang berlangsung singkat ini diikuti oleh sebanyak 33 UKM dari 36 UKM di tingkat Universitas.

Dalam sambutan singkatnya Zulfikar bersyukur karena rotasi kepemimpinan yang ada di UKM tingkat universitas bisa berjalan dengan baik dan tertib. Walaupun masih ada UKM yang belum bisa dilakukan pelantikan pengurus baru. Hal itu dikarenakan terkendala masalah teknis di kepengurusan.

“Rotasi kepemimpinan di UKM relatif bagus. Ini menunjukan bahwa kegiatan organisasi yang ada di UKM bisa berjalan dengan baik. Walaupun masih ada 3 UKM yang belum bisa kami lantik pada hari ini,” ujar Zulfikar.

Menurut Zufikar, selain memiliki pengurus baru beberapa UKM juga memiliki pembina organisasi yang baru. Zulfikar mengatakan, hal itu dilakukan untuk melakukan penyegaran dalam penyelenggaraan roda organisasi UKM.

“UKM yang sekarang terjadi beberapa pergantian dan penyegaran termasuk pembina. Ini dalam rangka membina dan mendampingi para pengurus di UKM agar kegiatan mahasiswa semakin bergairah dan dinamis,” lanjut Zulfikar.

Dihadapan pengurus baru dan lama Zulfikar mengatakan, kegiatan kemahasiswaan Universitas Jember akan memasuki era baru. Dimana seluruh kegiatan UKM akan difasilitasi melalui sistem informasi. Sehingga menurut Zulfikar akan ada suatu kepastian bahwa kegiatan yang diusulkan akan mendapatkan pendanaan dari Universitas.

“Kami menginginkan agar semua kegiatan UKM terstruktur dengan baik. Kegiatan lebih terencana dengan baik dan tentunya prestasi akademik juga harus naik. Oleh karena itu kalian harus pandai mengatur kegiatan agar tidak berbenturan dengan perkuliahan,” lanjut Zulfikar.

Zulfikar berharap semua UKM dapat melakukan koordinasi yang bagus dengan para pembina masing-masing. Karena seluruh kegiatan yang diajukan akan disetujui oleh universitas setelah mendapatkan persetujuan pembina UKM.

“Lakukan kolaborasi yang baik antara pembina dan pengurus. Selain itu seluruh kegiatan juga harus memiliki output yang jelas termasuk prestasi UKM. Saya harap kalian bisa menunjukkan prestasi dalam setiap kejuaraan baik itu regional maupun nasional,” pungkas Zulfikar.