Jember, 2 Februari 2017

Sosialisasi Sistem Iformasi Perpustakaan (SIPUS) dan e-jurnal Springer oleh UPT Perpustakaan di Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UNEJ disambut gembira oleh para dosen, (8/2). Pasalnya, selama ini para dosen PSIK mengaku mengalami sedikit kendala dalam mencari artikel ataupun jurnal yang berkaitan dengan keperawatan.

“Jarang sekali artikel ataupun ejurnal yang berkaitan denga Ners terutama yang bisa didownload secara gratis. Kondisi ini cukup menyita waktu para dosen jika harus datang keperpustakaan untuk mencari buku-buku yang dibutuhkan,” ujar Sekertaris I PSIK, Ns. Wantiyah, S.Kep., M.Kep.

Menurut Wantiyah, dengan adanya sistem perpustakaan yang baru ini, dirinya bisa dengan mudah untuk mendapatkan ebook ataupun ejurnal secara gratis.

“Tentunya ini sangat membantu sekali. Karena kami cukup diruang kerja  dan membuka sistem perpustakaan. Disana kami sudah bisa mendapatkan ribuan artikel, jurnal dan ebook yang berkaitan dengan prodi keperawatan secara gratis,”lanjut Wantiyah.

Lebih jauh wantiyah menjelaskan, dengan ditambahnya kerjasama dengan penerbit jurnal ilmiah Springer semakin menambah koleksi ebook dan jurnal yang berkaitan dengan Prodi keperawatan.

“Kalau yang tahun lalu kan dengan ebsco kerjasamanya, hanya saja sangat sedikit sekali yang berkaitan dengan prodi kami. Namun yang sekarang saya lihat tadi daftar artikel ataupun jurnal dan ebooknya sangat banyak sekali yang berhubungan dengan prodi kami,” lanjut Wantiyah.

Wantiyah mengungkapkan, bertambahnya koleksi jurnal dan ebook yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan UNEJ tentunya juga membantu para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas mereka.

“Semua dosen PSIK sering kali memberikan tugas berupa menganalisis jurnal atau pun artikel yang berkaitan dengan keperawatan. Kalau tahun lalu biasanya hanya bisa mendapatkan abstract untuk dianalisis sehingga sangat terbatas,namun sekarang bisa mendapatkan full artikel,” pungkasnya. (moen)


Category: Berita Fakultas