Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Kehidupan Kampus

Kehidupan di Kampus Universitas Jember

            Sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Tapal Kuda di Jawa Timur,  kehidupan di kampus Universitas Jember seiring dengan budaya di kota Jember, Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan. Wilayah yang dikenal dengan budaya akulturasi antara budaya Jawa dan Madura, Pendalungan. Budaya Pendalungan menyiratkan perpaduan dua budaya yang kemudian melahirkan budaya baru yang khas tanpa kehilangan akar budaya asalnya. Hal ini ditandai dengan masyarakatnya yang terbuka dengan hal baru, toleran serta relijius.

Semangat Pendalungan ini juga dapat dirasakan di Kampus Universitas Jember, semangat akulturasi berbagai budaya yang dibawa oleh masing-masing mahasiswa dari berbagai daerah di pelosok nusantara. Kesemuanya bersatu padu di Kampus Kebangsaan, Kampus Pancasila. Dengan motto Work in Harmony, Nurturing The Future, sivitas akademika Universitas Jember bergerak saling asah, asuh dan asih mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Semenjak resmi menjadi mahasiswa Universitas Jember, para calon pemimpin bangsa ini  diajak berproses dalam pendidikan tinggi sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Untuk mewujudkan lulusan yang sujana dan paripurna, Universitas Jember melengkapi diri dengan berbagai fasilitas.  Tersedia gedung perkuliahan dengan kemampuan perkuliahan hibrida, perpustakaan terakreditasi A, laboratorium, rumah susun sewa, akses ke layanan perbankan, Universitas Jember Medical Center, fasilitas olah raga dan lainnya.

Kehidupan mahasiswa makin semarak dengan berbagai unit  kegiatan mahasiswa dan organisasi intra kampus yang ada mulai dari bidang penalaran, rokhani, seni budaya hingga olah raga. Dan semenjak bergulirnya Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) maka mahasiswa makin mudah memperoleh ilmu, ketrampilan dan pengalaman di luar kampus melalui berbagai macam kegiatan yang ada di Program MBKM. Suasana wilayah Tapal Kuda yang relijius juga menjadi salah satu keuntungan bagi mahasiswa Universitas Jember. Sembari menekuni disiplin keilmuan di bangku kuliah, mereka bisa mendalami ilmu agama. Belum lagi dengan panaroma alam wilayah Tapal Kuda yang memiliki karunia alam luar biasa, dari pesisir pantai hingga pegunungan pun ada. Sisi lain yang juga menjadi keunggulan Universitas Jember adalah biaya hidup yang terjangkau jika dibandingkan dengan kota lainnya di Pulau Jawa.

Skip to content