Jember, 13 April 2017

            Lulusan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember bakal dibekali dengan sertifikasi bidang konstruksi. Dengan sertifkasi di bidang konstruksi ini, diharapkan lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Jember akan memiliki kemampuan mumpuni di bidang konstruksi, sehingga mampu bersaing di dunia kerja. Hal ini disampaikan oleh Entin Hidayah, Dekan Fakultas Teknik saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi (PJJBK) di aula Fakultas Teknik (13/4).

            Menurut Entin Hidayah, dalam pelaksanaan sertifikasi bidang konstruksi, pihaknya menggandeng Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Nantinya proses pelatihan akan diselenggarakan dalam bentuk pelatihan jarak jauh berbasis teknologi informasi, melalui aplikasi tertentu berbasis internet atau yang biasa disebut Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi atau PJJBK,” jelas Entin Hidayah. Untuk diketahui, penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Teknik dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi telah dilaksanakan hari Rabu (12/4) di Gedung Rektorat Universitas Jember.

            Sementara itu, Cakra Nagara, Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi, menjelaskan bahwa dalam kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Jember, pihaknya bertugas menyiapkan modul pelatihan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, pemantauan dan evaluasi, penyiapan sertifikasi serta sharing database. “Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi dimaksudkan sebagai usaha untuk memelihara dan meningkatkan kompetensi kerja bagi SDM konstruksi melalui pembelajaran mandiri dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan yang meliputi pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja bidang konstruksi,” paparnya.

            Cakra Nagara juga berharap lembaga yang dipimpinnya mendapatkan masukan dari dunia perguruan tinggi, baik berupa hasil penelitian, tulisan ilmiah, maupun teknologi terapan dari dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember. “Kami berharap kerjasama yang dibangun tidak hanya di bidang konstruksi saja, namun dapat berkembang di bidang lain dalam ranah Teknik Sipil,” imbuhnya.

Sebelumnya pada saat penandatanganan MoA, M. Sulthon, Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Universitas Jember, berharap kerja sama ini bakal menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran yang ada di Fakultas Teknik. Karena menurutnya, selain mendapatkan materi dari para dosen, mahasiswa akan mendapatkan tambahan keterampilan dan soft skill dari para praktisi yang ada di Balai Penerapan Teknologi Konstruksi. Untuk Pelatihan Jarak Jauh Bidang Konstruksi tahap pertama, diikuti oleh 225 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil yang duduk di semester akhir. Pelatihan dilaksanakan selama sebulan, dan diakhiri dengan ujian sertifikasi pada tanggal 16 Mei 2017. (mun/lid)


Category: Berita , Berita Akademik