Rangkaian Peringatan Dies Natalis ke 57 Universitas Jember Resmi Dimulai

Jember, 1 Oktober 2021
Tahun ini Universitas Jember berusia 57 tahun. Hari lahir perguruan tinggi negeri di timur pulau Jawa ini dimulai dengan peluncuran logo Dies Natalis ke 57 Universitas Jember oleh Rektor di gedung auditorium (1/10). Mengingat kondisi Indonesia secara umum dan Jember masih dilanda pandemi Covid-19, maka kegiatan-kegiatan dalam rangka mengisi Dies Natalis ke 57 diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Termasuk memberlakukan acara secara daring, luring terbatas dan secara hibrid. Tema peringatan dies kali ini adalah “Kampus Gotong Royong Untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh”.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember menjelaskan tema Kampus Gotong Royong Untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh dipilih dengan menyesuaikan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang masih dihadapkan pada usaha bersama menanggulangi pandemi Covid-19. Namun sebesar apapun masalah yang kita hadapi akan selesai dengan semangat gotong royong. “Tema ini dipilih agar semangat bergotong royong di kalangan keluarga besar Universitas Jember tetap menggelora, seperti juga semangat yang ditunjukkan para pendiri dan pengembang Universitas Jember kala mulai merintis sebuah perguruan tinggi di sebuah remote area,” jelas Iwan Taruna di hadapan para hadirin yang hadir secara luring terbatas dan daring.

Iwan Taruna yang asli arek Jember ini lantas menuturkan jika sejarah pendirian Universitas Jember diwarnai oleh gotong royong dari segenap warga Jember dengan mengumpulkan botol kosong dan kelapa untuk menunjang operasional awalnya. Setelah melewati berbagai rintangan, kebangkitan Universitas Jember dimulai di era 70-an dan hingga saat ini menjadi perguruan tinggi di peringkat 22 secara nasional dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. “Mari kita maknai dies natalis sebagai ungkapan rasa syukur sembari terus mengevaluasi diri guna menentukan langkah ke depan. Semua acara yang kita gelar bakal melibatkan dosen, mahasiswa dan karyawan serta segenap pemangku kepentingan yang ada termasuk warga jember, tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada,” imbuh Iwan Taruna.

Sementara itu dalam laporannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni selaku ketua panitia peringatan Dies Natalis ke 57 Universitas Jember, menyampaikan ada baragam kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya kegiatan akademis seperti webinar, seminar dan diskusi terbatas yang dilakukan di semua fakultas dan unit kerja. Sementara kegiatan non akademis berupa panggung kesenian dan olah raga bagi keluarga besar Universitas Jember. “Tahun ini akan kita tradisikan pemberian penghargaan bagi keluarga besar dan alumnus Universitas Jember yang berprestasi dan memiliki karya yang berdampak bagi masyarakat luas,” tutur Prof Slamin. (iim)

Skip to content