Universitas Jember Berikan Vaksin Booster Bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Jember, 14 Februari 2022
Universitas Jember memberikan vaksin booster kepada dosen dan tenaga kependidikannya. Menurut Kepala Universitas Jember Medical Center (UMC) dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K), langkah ini menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan proteksi individu dengan mempertahankan kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari ancaman pandemi Covid-19, apalagi saat ini sudah merebak varian omicron yang disinyalir lebih mudah menular. Kebijakan pemberian vaksin booster juga merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran nomor : HK.0202/II/252/2022 tentang vaksin Covid-19 dosis lanjutan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan pemberian vaksin booster ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (12-13/2) di Gedung Soetardjo.

Menurut dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K), pihaknya menyediakan 208 vial vaksin Pfizer dan Aztra Zeneca yang diperkirakan cukup bagi 2.500 orang. Untuk melayani seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Universitas Jember pihaknya mengerahkan 161 personil yang terdiri dari tenaga kesehatan di UMC dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember, anggota Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 serta relawan Covid-19 yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Jember. “Sementara untuk tenaga vaksinator, ada lima puluh tujuh tenaga kesehatan. Hingga pelaksanaan di hari kedua alhamdulillah berjalan lancar,” ujar dokter spesialis bedah plastik ini.

Lebih lanjut dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K) menambahkan dari data yang ada, di hari pertama tercatat 379 dosen dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin. Menurutnya, selain dapat mengikuti vaksinasi booster di gedung Soetardjo, sebelumnya sudah ada dosen dan tenaga kependidikan yang berinisiatif mendapatkan vaksin booster di UMC maupun RSGM Universitas Jember. Pasalnya UMC dan RSGM sudah ditunjuk sebagai fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi booster bagi masyarakat Jember. “Bagi masyarakat Jember yang sudah mendapatkan vaksin komplet dan berusia 18 tahun ke atas yang ingin mendapatkan vaksin booster bisa mendaftarkan diri di UMC atau RSGM sesuai jadwal yang ada. Harapannya makin banyak warga Jember yang mendapatkan vaksin booster sehingga terbangun kekebalan kelompok,” imbuhnya.

Di akhir penjelasan, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K) menghimbau agar keluarga besar Universitas Jember dan warga Jember tetap disiplin mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. “Selain mendapatkan vaksin, harus terus disiplin mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan,” pungkas dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE (K). (iim)

Skip to content