Pelatihan Optimalisasi Layanan Website 2023

Universitas Jember mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.

Universitas Jember terdiri dari 15 Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, Unit Penunjang Akademik (UPA), Rektorat, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), UMC. Aktifitas layanan pemberian informasi di lingkungan Universitas Jember memiliki kompleksitas dan mempunyai andil yang sangat besar sehingga fungsi komunikasi dalam hal ini TIK sangat diperlukan pengembangannya.

Realisasi yang seperti ini membutuhkan sebuah media komunikasi yang memungkinkan pegawai (pengelola website) dapat berinteraksi secara nyata, atau dengan warga masyarakat lainnya, tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah melahirkan media website untuk menginformasikan segala suatu melalui internet. Pemanfaatan media sistem informasi website untuk menginformasikan profil dan potensi institusi juga selaras dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), dimana setiap pegawai aparatur sipil negara memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi.

Berdasarkan Undang-undang ini maka wajib mengembangkan sistem informasi dan sebagai usaha untuk mengembangkan aplikasi Website, pengabdian ini
mengusulkan kegiatan pelatihan website untuk menginformasikan profil dan potensi institusi atau lembaga, yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN, tidak hanya dalam hal kemampuan teknis tetapi juga dalam sikap perilaku dalam memberikan pelayanan publik, termasuk juga kemampuan untuk melihat dan mengembangkan potensi diri.

 

Skip to content