Terpilih Jadi Tuan Rumah Abdidaya Ormawa 2023, Belmawa Ditjen Dikti Yakin dengan Kesiapan Universitas Jember

Jember, 25 September 2023
Komitmen dan kesiapan Universitas Jember sebagai tuan rumah ajang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat oleh Organisasi Kemahasiswaan (Abdidaya Ormawa) 2023, dinilai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dir Belmawa Ditjen Dikti Kemendikbudristek). Hal ini tampak pada saat visitasi ke kampus Tegalboto oleh tim panitia dan juri Abdidaya Ormawa 2023 selama tiga hari (22-24/9).

Mereka melakukan monitoring kemajuan dan kesiapan Universitas Jember. Dhaniek Wardhanie, Sub Koordinator Organisasi Kemahasiswaan Belmawa Ditjen Diktiristek menyatakan keyakinannya Universitas Jember sudah siap menyelenggarakan Abdidaya Ormawa 2023. Hal ini tampak dari hasil pendalaman dan verifikasi terhadap proposal kegiatan, rancangan acara dan anggaran yang disiapkan oleh Universitas Jember.

“Kami yakin Universitas Jember bakal siap menjadi tuan rumah Abdidaya 2023. Kesiapan yang dimaksud adalah kesiapan dari tim panitia, kesiapan sarana gedung-gedung yang akan digunakan sebagai lokasi rangkaian penyelenggaraan kegiatan, serta kesiapan naradamping atau yang lebih dikenal dengan Liaison Officer (LO) yang akan menjadi salah satu unsur pendukung teknis di lapangan. Insyaallah Abdidaya 2023 akan digelar awal bulan Desember 2023,” ungkap Dhaniek Wardhanie.

Abdidaya Ormawa adalah salah satu ajang besar tingkat nasional yang digelar secara rutin oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Ajang ini melombakan program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Selain itu, Abdidaya Ormawa menjadi wahana penguatan kapasitas bagi organisasi kemahasiswaan yang melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Tidak hanya melombakan program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat, panitia juga mengagendakan berbagai kegiatan penunjang seperti sarasehan ormawa, forum pengabdian tingkat nasional, seminar dan lokakarya nasional. Kesemuanya akan berpuncak pada agenda penutupan dan Malam Penganugerahan Abdidaya Ormawa 2023.

Setelah resmi diumumkan sebagai tuan rumah pelaksana Abdidaya Ormawa 2023 pada bulan Agustus 2023 lalu, Universitas Jember terus mematangkan teknis penyelenggaraan acara secara detail mengingat rancangan besar kepanitiaan dan anggaran telah rampung disusun. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor I sekaligus Plt. Wakil Rektor III Universitas Jember, Prof. Slamin. Bagi Universitas Jember, ajang ini dapat menciptakan atmosfer pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi.

“Abdidaya Ormawa 2023 merupakan hajat besar Universitas Jember, oleh karena itu kami all out mempersiapkannya. Kami juga mohon doa restu dan dukungan warga Jember sebab kami perkirakan ada 150 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang akan hadir. Kehadiran mereka kami harapkan juga berdampak pada perekonomian Jember,” tutur Prof. Slamin. (dil)

Skip to content