UNEJ Gelar Upacara Harkitnas ke-116: Bangkit Untuk Indonesia Emas

Jember, 20 Mei 2024

Universitas Jember gelar upacara dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 dengan tema Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas di lapangan Gedung Rektorat Universitas Jember. Rektor Universitas Jember mengajak keluarga besar Universitas Jember untuk menjadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 sebagai refleksi bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita.

“Seperti kata Bung Karno yaitu jangan melupakan sejarah. Peringatan seperti ini tentunya ditujukan untuk memaknai peringatan hari-hari besar nasional untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi kita semua.” ujar Iwan Taruna dalam amanatnya sebagai pembina upacara, Senin (20/05/2024).

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 di depan Gedung Rektorat Universitas Jember, Senin (20/05/2024)

Menurut Rektor, dengan jiwa nasionalisme kebangsaan bisa dijadikan landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan khususnya di bidang pendidikan, serta menegakkan nilai demokrasi yang berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara agar persaudaraan makin erat dan dapat mewujudkan Indonesia Emas.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting, dengan menatap masa depan yang penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata, “Momen ini mesti ditangkap agar langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!” pungkas Rektor. (dil)

Skip to content