Bedah Plastik Tidak Sekedar Mengubah Penampilan, Tetapi Juga Masalah Kesehatan

Jember, 22 Mei 2024

Di era sekarang kodrat perempuan selalu ing berpenampilan cantik. Sebagian perempuan memilih operasi plastik untuk mendapatkan kecantikannya. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang juga seorang dokter spesialis bedah plastik, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE., Subsp.L.B.L.(K) menyampaikan “Di era modern ini, banyak orang menginginkan kecantikan secara instan, salah satunya melalui bedah plastik. Namun, tren ini tidak jarang membawa dampak negatif, terutama jika dilakukan oleh pihak yang tidak profesional.”

Hal ini disampaikan pada seminar kecantikan dan kesehatan dalam acara rutin caturwulan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Jember (UNEJ) di Gedung Soetardjo (22/05/2024). Seminar ini mengangkat tema meningkatkan kualitas hidup perempuan untuk menuju keluarga sehat, dan dihadiri para anggota DWP UNEJ dari kantor pusat maupun sub unit lainnya.

Selanjutnya pakar dari bidang Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Spesialis Luka Bakar dan Luka ini menjelaskan bahwa bedah plastik tidak selalu mengerikan dan menakutkan. Asalkan dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi yang mumpuni, bedah plastik dapat menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan.

dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP-RE., Subsp.L.B.L.(K). saat menyampaikan materi “Sehat dan Cantik dengan Mengenal Tindakan dalam Bedah Plastik”

“Bedah plastik bukan hanya tentang mengubah penampilan, tetapi juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Contohnya, face lift dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi keriput seperti permasalahan kantung mata, kantung mata jika sudah terlalu parah dapat mengganggu aktivitas karena tonjolan yang ditimbulkan dapat mengganggu pandangan, jika sudah seperti ini maka harus dilakukan tindakan operasi plastik. Tindakan operasi plastik lainnya ada abdominoplasty dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak di perut, liposuction dapat membantu menyedot lemak di area tertentu dan masih banyak lagi.”

Meskipun bedah plastik memiliki banyak manfaat, dr. Ulfa Elfiah menekankan pentingnya memilih dokter bedah plastik yang profesional dan berpengalaman. Beliau menjelaskan bahwa banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan bedah plastik tanpa memiliki kualifikasi yang memadai, sehingga berakibat fatal bagi kesehatan dan estetika pasien.

Di akhir materinya dr. Ulfa Elfiah memberikan tips sederhana untuk menjaga kecantikan agar senantiasa awet muda, seperti menggunakan rajin menggunakan sunblock saat diluar maupun di dalam rumah, melakukan facial atau maskeran, mengurangi aktivitas yang menyebabkan penuaan seperti begadang, serta mengonsumsi buah dan vitamin untuk melawan radikal bebas.

Beliau juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak karena seiring bertambahnya usia terlalu sering mengonsumsi karbohidrat dan lemak dapat menyebabkan peningkatan radikal bebas. Beliau juga menyampaikan bahwa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah seperti beras, susu, kunyit untuk perawatan kecantikan juga bisa.

“Masker beras, masker susu itu bagus untuk meningkatkan kekenyalan kulit, boleh dicari di internet bagaimana cara pembuatannya yang benar biar tidak salah dan menimbulkan resiko atau iritasi kulitkulit.” ujarnya.

Wiwin Handayani Iwan Taruna, Ketua DWP Universitas Jember dalam sambutan acara Caturwulan DWP di Gedung Soetardjo Rabu (22/05/2024)

Sejalan dengan dr. Ulfa Elfiah, Ketua DPW UNEJ Wiwin Handayani Iwan Taruna menyampaikan bahwa sangat penting bagi perempuan Indonesia untuk senantiasa menggali berbagai ilmu pengetahuan, karena perempuan khususnya ibu adalah pemegang peran yang sangat penting di dalam keluarga.

“Peran perempuan di dalam keluarga itu penting, salah satunya mendidik anak-anak untuk menjadi generasi yang cerdas melalui pendidikan di rumah seperti budi pekerti dan pendidikan agama,” tuturnya.

Semangat yang tak pernah padam selalu membersamai langkah para perempuan Indonesia, bahkan di tengah kesibukan bekerja, mengurus keluarga, dan berbagai tanggung jawab lainnya. Istri Rektor Universitas Jember juga menyampaikan, “Di era sekarang ini, perempuan memiliki peran yang semakin kompleks. Meskipun begitu, sebagai seorang perempuan secara kodratnya ingin tampil cantik, sehat dan menarik tetaplah ada. Keinginan ini bukan hanya semata-mata untuk memuaskan diri sendiri, tetapi juga untuk meningkatkan rasa percaya diri dan memancarkan energi positif bagi orang-orang di sekitar.” (dil/nil)

Skip to content