UPA Pengambangan Karier dan Kewirausahaan Mengadakan Walk In Interview PT. UNION SAMPOERNA TRIPUTRA PERSADA

Universitas Jember, 6 Juni 2024

Kebutuhan tenaga kerja profesional pada perkebunan kelapa sawit dari tahun ke tahun semakin meningkat, bukan hanya untuk Asisten Lapangan, Asisten Pabrik, Asisten Administrasi namun juga untuk posisi Management Trainee (MT). Hal inilah yang membuat banyak Perusahaan Perkebunan kelapa sawit berlomba-lomba untuk mendapatkan tenaga kerja terbaik dalam upaya meningkatkan produktivitas perusahaannya, tak terkecuali PT. Union Sampoerna Triputra Persada (PT. USTP). PT. USTP merupakan perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Kalimantan Tengah berkomitmen untuk menjadi perusahaan terbaik dengan menerapkan prinsip operational excellence dalam setiap tahapan proses guna mewujudkan kelapa sawit lestari bersama karyawan, masyarakat dan seluruh mitra.

USTP sebagai salah satu Perusahaan Perkebunan kelapa sawit yang sedang berkembang juga berupaya untuk mendapatkan tenaga kerja professional sesuai dengan visi dan misi Perusahaan, salah satunya melalui program Management Trainee Program. Program Management Trainee PT. USTP memberi kesempatan kepada alumni dari Fakultas Pertanian, alumni Fakultas Teknik (Sipil) dan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dari jurusan Akuntansi untuk posisi MT Tanaman, MT Teknik dan MT Administrasi. Acara yang diberi tajuk walk in Interview PT. Union Sampoerna Triputra Persada di Universitas Jember ini dilakukan atas kerjasama dengan Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember.

Acara bertajuk walk in interview ini kali pertama dilakukan oleh UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan sepanjang tahun 2024 ini. Acara ini mirip dengan campus hiring, namun alumni yang berminat dapat langsung mendaftar dan bagi yang dinyatakan lolos administrasi dapat langsung mengikuti serangkaian tahapan rekruitmen mulai dari mengikuti sesi company profile, psikotest, interview dan tahap terakhirnya Medical Check Up (MCU)” ungkap Rokhani, kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Jember yang juga dosen Fakultas Pertanian.

Pada periode pertama jumlah alumni yang mengikuti seleksi administrasi sejumlah 70 orang yang mendaftar namun yang lolos untuk mengikuti psikotest sebanyak 13 orang. Peserta yang lolos psikotest sejumlah 6 orang sedangkan yang mengikuti interview HRD sebanyak 5 orang dimana 1 orang mengundurkan diri. Berdasarkan hasil seleksi interview HRD terdapat 2 orang yang lulus seleksi interview user dan berlanjut ke tahap penandatanganan perjanjian pelatihan dan Medical Check Up (MCU) yaitu alumni atas nama Mohammad Fariza Rohman dan Yohanes Feby Apriska. Kedua alumni tersebut berhasil lolos untuk posisi MT Tanaman dan MT Teknik sedangkan lowongan untuk MT Administrasi belum ada pendaftar. Alumni atas nama Mohammad Fariza Rohman merupakan alumni yang lulus tahun 2023 berasal dari Program Studi Ilmu Pertanian Perkebunan sedangkan atas nama Yohanes Feby Apriska merupakan alumni lulus tahun 2024 yang berasal dari Program Studi Teknik Sipil.

Proses seleksi pada periode kedua sama dengan periode pertama dimana dimulai pada tanggal 5-6 Juni 2024 hari Rabu-Kamis. Jumlah peserta yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti Psikotes sebanyak 10 orang alumni. Setelah dilakukan psikotest jumlah alumni yang lolos sebanyak 4 orang. Pada periode dua ini terdapat 3 alumni yang mengundurkan diri pada tahapan interview sehingga hanya ada satu alumni yang melanjutkan ke interview user dan lolos ke tahap penandatanganan perjanjian pelatihan dan Medical check Up (MCU) yaitu atas nama Nico Negus Lumbantobing alumni lulus tahun 2023 pada Program Studi Agroteknologi.

“Puji syukur sekalipun sampai dilakukan 2 sesi pada akhirnya kami mendapatkan 3 kandidat terbaik. Saya puas dengan kualitas alumni dari Universitas Jember. Sekalipun secara kuantitas hanya 3 kandidat (alumni), namun baik user maupun kami dari tim HRD sudah merasa lega berkesempatan melakukan walk in interview di Universitas Jember. Ke depan semoga perusahaan kami dan UPA Pengembangan Karier dan kewirausahaan bisa terus bersinergi” ungkap Mertha Lidyawati, Recruitment Training Dept. Head dari PT. USTP.

Di akhir kegiatan walk in interview, kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan sharing dengan perusahaan terkait dengan softskill yang perlu diasah dari alumni Universitas Jember. Menurut Mertha yang perlu peningkatan adalah kemampuan komunikasi, rasa percaya diri dan kepemimpinan (leadership). Atas saran tersebut ke depan program-program yang digagas oleh UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan 3 sofskill tersebut. (ani)

Skip to content