Implementasi Pancasila Dengan Lomba Paduan Suara

Jember, 30 Juni 2024

Dalam rangka memeriahkan Semarak Bulan Pancasila, Universitas Jember (UNEJ) menyelenggarakan Lomba Paduan Suara Antar Unit Kerja bertempat di Gedung Auditorium Soedjarwo Lantai 5, Minggu (30/06/2024). Kegiatan yang bisa digunakan sebagai salah satu pengembangan kegiatan seni di lingkungan Universitas Jember ini diikuti oleh delapan belas grup yang terdiri dari lima belas fakultas di UNEJ, satu dari kantor pusat, dan dua delegasi dari lembaga.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengungkapkan bahwasanya dengan berpaduan suara dapat mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam Pancasila, “Setiap anggota dalam tim paduan suara ini harus saling melengkapi dan menyuarakan suara yang sama dan juga disana harus saling toleransi dan menghormati dalam bersuara supaya output suara menjadi nyaman didengar,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia UNEJ Pancasila Fest 2024 Prof. Bayu Dwi Anggono mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini merupakan sebagian dari rangkaian dari UNEJ Pancasila Fest 2024 yang sudah berjalan selama empat tahun berturut-turut dan lomba paduan suara ini merupakan salah satu lomba yang tidak pernah hilang dari semarak bulan Pancasila ini.

“Alhamdulillah pada lomba ini terdapat total delapan belas tim yang di antaranya lima belas dari fakultas di UNEJ, satu dari kantor pusat, dan dua dari lembaga. Lomba paduan suara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari UNEJ Pancasila Fest 2024 yang alhamdulillah pada acara ini tersisa satu kegiatan lagi yaitu malam kebudayaan pentas seni pada tanggal 5 Juli nanti. Lomba paduan suara ini merupakan salah satu lomba yang tidak pernah hilang dari semarak bulan Pancasila yang telah kami selenggarakan empat tahun berturut-turut,” katanya.

Lomba paduan suara antar unit kerja juga merupakan ajang bagi para dosen dan tenaga kependidikan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membangun kebersamaan dan kekompakan seluruh warga Universitas Jember. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan penghayatan akan nilai budaya bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai luhur bangsa melalui pendekatan kesenian. (adi/nil)

Skip to content