Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UNEJ Gelar Lomba SINATION 2024

Jember, 21 Juli 2024
Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember sukses menggelar lomba bergengsi bertajuk SINATION 2024. Kegiatan ini berlangsung sejak 23 Juni 2024 hingga 20 Juli 2024 dan diikuti oleh 49 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia SINATION 2024, Aida Firzana, menjelaskan bahwa lomba ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mempresentasikan bisnis plan yang inovatif dan aplikatif. “Pelaksanaan SINATION 2024 melibatkan 49 tim dari berbagai PTN dan PTS di Indonesia. Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam merancang bisnis plan yang kreatif dan inovatif,” ungkap Aida.

Ia juga menyampaikan, Final Presentation SINATION 2024 dihadiri oleh 10 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kesepuluh tim tersebut berasal dari Universitas Jember, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Politeknik Negeri Jember, PolBangTan Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Seluruh tim telah melakukan presentasi terbuka dengan baik di hadapan dewan juri.

“Pada SINATION 2024, Tim Glory dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil keluar sebagai Juara 1 dengan nilai 84,17. Juara 2 diraih oleh Tim Javit dari Universitas Jember dengan nilai 83,10, dan Juara 3 diraih oleh Tim Coco Uno dari Universitas Jember dengan nilai 83,03. Selain itu, penghargaan Best Presentation diberikan kepada Tim Wira Wiri dari PolBangTan Malang.” pungkas Aida mahasiswi Agribisnis angkatan 2022 ini.

Dalam sambutannya, Kaprodi Agribisnis, Agus Supriono, S.P., M.Si., mengapresiasi penyelenggaraan SINATION 2024. “Saya sangat mengapresiasi seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi dalam SINATION 2024. Harapan saya, ke depan cakupan peserta dapat diperluas dan bisnis plan yang telah dirancang dapat diimplementasikan dengan baik,” ujar Agus Supriono.

Dia berharap dengan berakhirnya SINATION 2024, diharapkan ajang ini dapat terus menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang agribisnis, serta memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan sektor pertanian di Indonesia. (is)

Skip to content