Universitas Jember Gandeng Koperasi Karyawannya

Jember, 12 Agustus 2024
Universitas Jember berencana membuka toko yang dipersiapkan melayani kebutuhan dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikannya. Toko yang bakal dinamakan UNEJ Mart ini rencananya akan berdiri di lahan yang saat ini menjadi asrama Program Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Jalan Kaliamantan. Guna mempersiapkan UNEJ Mart, pihak rektorat memilih menggandeng Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Jember. Jalinan kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Wakil Rektor II Universitas Jember dengan Ketua KPRI Universitas Jember di halaman kompleks pertokoan dan perkantoran KPRI UNEJ (11/8).

Naskah PKS ditandatangani oleh Wakil Rektor II Universitas Jember, Prof. Sri Hernawati dengan Ketua KPRI Universitas Jember, Prof. Yuli Witono di sela-sela perayaan hari jadi KPRI Universitas Jember yang ke 45. Penandatanganan naskah PKS disaksikan ribuan peserta kegiatan Jalan Santai yang terdiri dari anggota KPRI Universitas Jember beserta warga sekitar. Mereka berolah raga dengan berkeliling wilayah kampus Tegalboto.

Wakil Rektor II UNEJ bersama Ketua KPRI UNEJ memperlihatkan naskah PKS yang sudah ditandatangani

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II Universitas Jember menjelaskan proses pembangunan UNEJ Mart sudah berjalan bahkan direncanakan tidak hanya di Kampus Jember, namun juga akan ada di Kampus Bondowoso. Diharapkan dengan adanya UNEJ Mart akan memberikan tambahan pendapatan untuk Universitas Jember yang kini statusnya sudah Badan Layanan Umum (BLU).

“Kami mantap menggandeng KPRI UNEJ, sebab sudah memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola toko. Pilihan menggandeng KPRI UNEJ juga didasarkan adanya ikatan batin yang sudah terjalin lama. Karena anggota KPRI UNEJ adalah dosen dan tendik Universitas Jember. Jika anggota KPRI sejahtera maka Universitas Jember juga bahagia,” ujar Prof. Sri Hernawati yang merupakan pembina KPRI UNEJ.

Wakil Rektor II UNEJ, prof. Sri Hernawati memberikan sambutan

Kepercayaan yang diberikan oleh Universitas Jember disambut baik oleh KPRI UNEJ melalui ketuanya, Prof. Yuli Witono. Menurutnya di usia yang memasuki ke 45 tahun KPRI UNEJ memiliki aset sejumlah 83,4 milyar rupiah dan tahun ini memberikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 1,82 milyar rupiah kepada anggotanya.

“KPRI UNEJ terus berkembang, diantaranya dengan membuka unit bisnis baru seperti persewaan mobil hingga rencana pembangunan kompleks pertokoan di daerah Kranjingan. Di sisi lainnya, kita terus berusaha memperbaiki layanan seperti dengan peluncuran SIKAP, layanan aplikasi digital bagi anggota,” tutur Prof. Yuli Witono.

Wakil Rektor II UNEJ, Prof. Sri Hernawati melepas peserta Jalan Santai Sehat dalam rangka HUT ke-45 KPRI UNEJ

Rangkaian kegiatan jalan santai dalam rangka memperingati HUT KPRI UNEJ ke 45 dan Hari Koperasi ke 79 serta HUT Kemerdekaan RI ke 79 kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Hadiah utama berupa sepeda motor dibawa pulang oleh Anang Andrianto, dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. (iim)

Skip to content