UNEJ Terima Kedatangan UTM: Studi Banding Tata Kelola Senat

Jember, 13 Agustus 2024

Universitas Jember menerima kedatangan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam rangka bertukar pengalaman seputar tata kelola perguruan tinggi. Sambutan baik diterima oleh Rektor beserta jajaran pimpinan Universitas Jember di Gedung Rektorat Lantai 3 pada Selasa (13/08/2024).

Kedatangan Rektor dan Ketua Senat UTM kali ini disambut hangat oleh Rektor dan Ketua Senat Universitas Jember beserta jajaran pimpinan lainnya. Ketua Senat Universitas Jember, Andang Subaharianto mengatakan, “Universitas Jember menyambut baik kehadiran UTM untuk bertukar pengalaman dalam hal pengelolaan kampus dan alat kelengkapan Senat beserta tugas dan fungsi komisi yang ada di dalamnya.”

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna menyampaikan, “Salam bahagia untuk kita semua, ini saya sampaikan supaya imun meningkat sehingga kita semua bisa sehat terus. Kedatangan UTM sudah seperti saudara bagi UNEJ karena kita sama-sama berada di Jawa Timur. Kita juga berada dalam satu forum yang sama yaitu Paguyuban Rektor PTN se-Jawa Timur,”

Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Safi’

Sementara itu, Rektor UTM, Safi’ membenarkan bahwa kedatangannya untuk studi banding mengenai tata kelola Senat, “Kami sedang menyusun alat kelengkapan Senat dan draf peraturan Senat. Sebelum finalisasi kita perlu melakukan benchmarking ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sama-sama berstatus BLU dan lebih senior yaitu UNEJ,”

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa akhir-akhir ini di media ada peristiwa yang sangat tidak diinginkan terkait dengan integritas akademik, “Berkaitan dengan pengusulan kenaikan jabatan lektor kepala dan guru besar yang di dalamnya terdapat kewenangan Senat untuk menentukan. Sehingga dengan studi banding ini, ke depan agar Senat dapat berperan lebih optimal dalam menghadapi hal-hal integritas akademik,”

Sementara itu, Ketua Senat UTM, M. Nizarul Alim mengungkapkan, “Kami sebagai PTN BLU baru yang berjalan 1 tahun lebih ini masih belajar, terutama tentang peraturan Senat, tata tertib dan tugas fungsi komisi. Sehingga sepulang dari UNEJ kami akan melengkapi peraturan Senat, mengingat Ketua Senat ikut bertanggung jawab dalam pengantaran lektor kepala dan guru besar.”

Tak lupa, dalam pertemuan ini Rektor dan Ketua Senat saling mengenalkan jajaran pimpinan di Universitas Jember maupun dari Universitas Trunojoyo Madura mulai dari para Wakil Rektor, Dekan, beserta anggota Senat masing-masing. (dil)

Skip to content