Permudah Perhitungan Akuntansi Masyarakat Desa, Mahasiswa UNEJ Luncurkan Sekolah Akuntansi Rakyat di Desa Karangpring, Kabupaten Jember

Jember, 16 Agustus 2024
Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (UNEJ) baru saja meluncurkan Sekolah Akuntansi Rakyat di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kemampuan manajemen keuangan masyarakat desa, khususnya dalam mengelola bisnis dan keuangan rumah tangga mereka. Kegiatan ini dilaksanakan (16/08/2024) di Balai Desa Karangpring.

Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, Dalam wawancaranya dengan awak media menjelaskan, pentingnya literasi keuangan bagi masyarakat. “Masyarakat juga mempunyai hak untuk tahu lebih jauh bagaimana memiliki literasi keuangan yang baik, akuntabel, dan kredibel agar tidak menjadi korban kejahatan keuangan seperti pinjaman online ilegal dan investasi bodong,” ungkapnya.

sambutan Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember,

Lebih lanjut, Dr. Fendi menyoroti pentingnya manajemen cashflow dalam rumah tangga. “Manajemen cashflow yang baik sangat penting untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat. Melalui program ini, kami ingin membekali masyarakat dengan keterampilan tersebut,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, ada 19 tim PPK Ormawa yang tersebar di wilayah Jember dan Bondowoso, dengan program yang disesuaikan dengan sumber daya masyarakat setempat. “Program semacam ini sengaja kita dorong, karena kami tidak ingin UNEJ hanya menjadi menara gading, melainkan menara air yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Ahmad Sahri, Kepala Desa Karangpring, mengapresiasi inisiatif ini. “Ini adalah langkah yang sangat baik dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Potensi desa kami yang meliputi pertanian kopi dan budidaya bunga mawar akan semakin optimal jika didukung oleh manajemen keuangan yang baik,” ujarnya.

Ahmad Sahri, Kepala Desa Karangpring, , Dalam wawancaranya dengan awak media.

Dia berharap dengan adanya Sekolah Akuntansi Rakyat ini, Desa Karangpring bisa menjadi desa unggul dalam mengelola bisnis dan cerdas dalam manajemen keuangan.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember, Mohammad Mufid, juga memberikan dukungan terhadap program ini. “Apa yang dilakukan oleh Universitas Jember sangat membantu OJK dalam mensosialisasikan bahaya investasi bodong, pinjaman online ilegal, dan judi online yang semakin marak di Indonesia,” jelasnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat Desa Karangpring bisa lebih cerdas dalam mengelola keuangan dan terhindar dari berbagai risiko keuangan yang merugikan.

Turut hadir dalam acara ini, Yosefa Sayekti, Dosen Pembimbing PPK Ormawa HMJA FEB UNEJ, Asisten 3 Kabupaten Jember, serta para dosen pembimbing dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ. Acara peluncuran Sekolah Akuntansi Rakyat ini juga dimeriahkan dengan pameran produk inovasi mahasiswa FEB UNEJ, termasuk produk turunan bunga mawar, produk turunan kopi, dan aplikasi akuntansi yang dirancang oleh para mahasiswa.(is)

Skip to content