UNEJ Gelar Upacara 17 Agustus 2024: Tegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Jember, 17 Agustus 2024

Demi merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Universitas Jember (UNEJ) gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024. Upacara bertempat di lapangan Universitas Jember pada (17/08/2024) yang diikuti oleh beberapa perwakilan mahasiswa beserta civitas akademika Universitas Jember.

Dalam amanatnya Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengatakan tujuan digelarnya upacara ini ialah untuk mengenang perjuangan para pendekar yang telah mendahului kita, “Pada upacara saat ini maksud dan tujuannya untuk mengenang perjuangan apa yang telah diperjuangkan dan dikorbankan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara kita yang telah dijajah oleh para penjajah selama 350 tahun, telah ditunjukkan oleh para pejuang kita ini bahwa cita-cita untuk menjadi merdeka itu diraih dan hanya diperoleh dengan cara kerja sama atau gotong-royong,” ungkapnya.

Menurut Rektor, perjuangan yang diperoleh oleh para pejuang kita adalah suatu perjuangan yang tidak mudah, pastinya mereka memiliki rasa semangat yang tinggi untuk menggapai cita-cita kemerdekaan. Dari hal itulah kita sebagai rakyat Indonesia yang telah berada di era kemerdekaan ini harusnya memiliki rasa semangat yang luar biasa.

“Perjuangan yang diperoleh oleh para pejuang kita sebelumnya adalah sesuatu yang tidak mudah. Betapa perjalanan yang sulit itu bisa dilalui tentu dengan ketekunan dan semangat, kita yang berada di era kemerdekaan ini pun harusnya bisa menunjukkan semangat yang luar biasa untuk mempertahankan kemerdekaan ini dengan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal-hal yang bersifat konstruktif dan positif. Sehingga pembangunan bangsa ini bisa diwujudkan sesuai dengan cita-cita kita,” imbuhnya.

Selain itu, di penutup amanatnya ia menjelaskan bahwa UNEJ merupakan instansi vertikal yang dinaungi oleh instansi negara yaitu Kemdikbudristek. Kemdikbudristek sendiri memiliki visi-misi salah satunya yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dari visi-misi tersebut UNEJ sendiri bantu untuk mewujudkannya sebagai rasa kerjasama.

“Kini kita telah mewujudkan program MBKM ini, mari kita sukseskan selalu program ini walaupun kita juga memiliki banyak kendala dalam melaksanakannya. MBKM ditujukan untuk memberikan kemerdekaan kepada para mahasiswa kita untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mereka inginkan,” pungkasnya. (dil/adi)

Skip to content