Mahasiswa Universitas Jember Punya Gedung UKM Baru, Diresmikan Saat HUT Kemerdekaan RI ke 79

Jember, 17 Agustus 2024
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 oleh Keluarga Besar Universitas Jember tahun ini terasa istimewa. Pasalnya selepas melaksanakan upacara di lapangan upacara kampus Tegaboto (17/8), unsur pimpinan, peserta upacara dan perwakilan mahasiswa melaksanakan seremoni peresmian Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru yang lokasinya berada di komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM).

Gedung lima lantai seluas 2.052 meter persegi ini diresmikan oleh Rektor Universitas Jember dan menyandang nama Gedung UKM Ir. Soekarno. Ada 38 ruang buat UKM tingkat universitas dengan dilengkapi tiga gudang guna menyimpan peralatan. Di tingkat teratas berupa roof top yang bisa digunakan untuk beragam keperluan, sementara di halaman sudah ada amphitheater yang dipersiapkan menjadi panggung unjuk kebolehan mahasiswa Universitas Jember.

Rektor menyampaikan sambutan

“Gedung UKM baru ini diberi nama Gedung UKM Ir. Soekarno dengan harapan mahasiswa Universitas Jember bisa meniru dan menyerap semangat serta kiprah Ir. Soekarno saat muda, saat menjadi mahasiswa. Bagaimana Bung Karno kala menjadi mahasiswa tekun belajar namun juga tak lupa menjadi aktivis kemerdekaan Indonesia. Pelajaran sejarah mengenai Ir. Soekarno kala muda ini penting kita contoh sebab mahasiswa saat ini juga tidak hanya dituntut menguasai IPTEK sesuai dengan disiplin keilmuan yang ditekuni, namun juga wajib memperkaya khazanah soft skill di luar kelas perkuliahan dan peka terhadap lingkungan sekitar,” jelas rektor, Iwan Taruna.

Sementara itu menurut Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fendi Setyawan menambahkan, gedung UKM baru ini dibangun sesuai dengan program revitalisasi kemahasiswaan yang sudah menjadi program di Rencana Bisnis Strategis Universitas Jember tahun 2020-2024. Pasalnya gedung UKM lama yang ada seperti di kompleks PKM dan Gedung Soetardjo sudah terisi, sementara masih ada UKM yang belum memiliki ruangan. Selain menyediakan sarana ruang perkantoran, juga ada gudang yang akan menyimpan peralatan UKM seperti milik UKM Reog Mahasiswa Sardulo Anurogo, UKM Marching Band dan lainnya.

Pemotongan tumpeng oleh Rektor yang kemudian diserahkan kepada Wakil Rektor III UNEJ

“Kami ingin kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa Universitas Jember makin moncer. Maka saya berharap dengan adanya gedung UKM Ir. Soekarno akan mendorong kiprah kegiatan akademik dan non akademik serta mewadahi beragam kegiatan peningkatan softskill, yang ujungnya meningkatkan prestasi mahasiswa kita,” imbuh Fendi Setyawan. Sebagai tambahan informasi, Gedung UKM Ir. Soekarno dibangun dengan biaya 10,8 milyar rupiah selama 160 hari sepanjang tahun 2023 hingga 2024 ini.

Adanya Gedung UKM baru mendapatkan apresiasi dari kalangan mahasiswa, seperti yang disampaikan oleh Nasirotul Fadilah yang pengurus UKM Karate Universitas Jember. Menurutnya gedung baru ini sangat representatif dan bisa menampung keperluan UKM. Apalagi UKM Karate tempatnya berkiprah selama ini belum memiliki ruangan.

Penandatanganan prasasti oleh Rektor UNEJ

“Selama ini misalnya untuk berkas administrasi dipegang dengan cara berbagi oleh masing-masing pengurus, belum lagi dengan problem menyimpan peralatan untuk latihan. Dengan adanya Gedung UKM Ir. Soekarno maka operasional UKM kami makin lancar, apalagi lokasinya berdekatan dengan kompleks PKM tempat kami berlatih,” kata Nasirotul Fadilah yang mahasiswa di Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian angkatan tahun 2023.

Sebelumnya dalam upacara bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, Rektor Universitas Jember mengajak seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk selalu mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan cara menjaga, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Bagi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan Universitas Jember, salah satunya dengan menyukseskan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. (iim)

Skip to content