Aruna UNEJ Dikenalkan Karya PPK Ormawa dan P2MB Berprestasi

Jember, 24 Agustus 2024
Ajang penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jember (UNEJ) tahun 2024 berlangsung dengan penuh semangat dan kemeriahan. Berbagai penampilan energik menghiasi acara ini, mulai dari jalan sehat, papermob, hingga penampilan band The Tendors yang diprakarsai langsung oleh Rektor UNEJ, Iwan Taruna. Di antara keramaian acara, perhatian para mahasiswa baru, yang dikenal sebagai Aruna, tertuju pada stan-stan yang menyerupai UMKM. Namun, isi stan tersebut berbeda, produk-produk inovatif yang dihasilkan oleh para senior mereka dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dan Program Pembinaan Mahasiswa Berprestasi (P2MB) dipamerkan di Stadion Universitas Jember (24/08/2024).

Dr. Fendi Setiawan, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, menjelaskan, ajang ini menjadi momentum penting untuk memperkenalkan prestasi para senior kepada Aruna. “Ini adalah kesempatan emas untuk memperlihatkan hasil karya kakak-kakak mereka yang telah mengharumkan nama Universitas Jember, terutama melalui produk-produk inovatif yang dihasilkan dari program PPK Ormawa dan P2MB. Produk-produk ini bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga aplikasi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, tidak semua prestasi dapat diekspos karena beberapa bersifat ilmiah. Namun, karya-karya yang ditampilkan di stan tersebut adalah bentuk konkret dari pembinaan di desa-desa yang berbasis pada proyek yang diusulkan dalam proposal. “Kami berharap pameran ini dapat menginspirasi Aruna untuk terus berkarya dan berinovasi, serta bersinergi dalam mengikuti kompetisi hibah seperti PPK Ormawa dan P2MB, yang memiliki dampak besar bagi masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Abbad Dirgantara, Ketua UKMO Bulutangkis UNEJ, menyatakan bahwa acara ini merupakan kesempatan baginya untuk mengenalkan dan memberikan motivasi kepada Aruna UNEJ, serta memberikan wawasan kepada mereka untuk menyiapkan bekal selama proses perkuliahan nantinya.

“Kami berharap, apa yang kami sajikan dapat menginspirasi para Aruna UNEJ, Ketika mereka menjalani proses perkuliahan, dan dapat berkontribusi mengharumkan nama Universitas Jember,”ulasnya.

Ia juga memaparkan, produk yang dipamerkan kepada Aruna UNEJ antara lain Snack Biji Karet yang diberi nama BOSKA, serta Bosca Herbs, sebuah minuman berbahan dasar kulit kopi yang dipadukan dengan rempah-rempah pilihan, yang juga merupakan inovasi dari tim PPK Ormawa UKMO Bulutangkis UNEJ.

Acara penutupan PKKMB 2024 ini diakhiri dengan jalan sehat mengelilingi kampus Tegalboto, penampilan kreatif mahasiswa baru dari setiap fakultas dan kampus satelit, serta pembagian doorprize. Kemeriahan semakin bertambah dengan penampilan The Tendors, band yang beranggotakan dosen dan tenaga kependidikan, termasuk Rektor Iwan Taruna yang memainkan bass. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan band lokal SISI KITAA dan band dari Jakarta, UTOPIA.(is)

Skip to content