Mengenal Jindan Mahasiswa Baru UNEJ, Peraih Nilai SNBT Tertinggi Ke Sebelas Se Indonesia

Mengenal Jindan Mahasiswa Baru UNEJ, Peraih Nilai SNBT Tertinggi Ke Sebelas Se Indonesia

Jember, 28 Agustus 2024

Nama Universitas Jember (UNEJ) kembali menjadi sorotan ketika menempati urutan 11 kampus dengan mahasiswa peraih nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tertinggi pada gelaran SNBT tahun 2024.

Dia adalah Moh. Jindan Sarifullah, mahasiswa program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Jember ini berhasil meraih nilai SNBT 850,97.

Mahasiswa baru yang akrab disapa Jindan itu sempat ditemui di Kampus Tegalboto, Selasa (27/08/2024) dan bercerita bahwa memang dari kecil ia sudah dibiasakan untuk rajin belajar oleh kedua orang tuanya, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Jindan sering diikutkan les tambahan dan ketika Sekolah Menengah Pertama (SMP) ia disekolahkan di pondok pesantren.

“Tumbuh dalam keluarga yang paham akan pentingnya pendidikan, saya sering diikutkan les saat SD, SMP di Pesantren dan SMA di luar kota. Nilai-nilai keluarga, tradisi, dan harapan orang tua sangat mempengaruhi sikap saya terhadap pendidikan,” ungkap Jindan.

Ia juga menambahkan, peran keluarga dalam prosesnya sangat besar terutama orang tua, “Peran kedua orang tua saya sangat besar, mulai dari memilihkan saya sekolah yang baik hingga selalu mengingatkan saya untuk terus belajar membuat saya bisa seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Jindan mengaku, UNEJ menjadi kampus impiannya karena memang ia ingin berkuliah tidak terlalu jauh dengan kota asalnya ditambah UNEJ memiliki akreditasi yang bagus. Apalagi menurutnya FASILKOM memiliki peluang pekerjaan yang banyak dicari dan merupakan salah satu impiannya.

“Saya memilih FASILKOM karena lulusannya banyak dicari dan itu adalah impian saya saat kuliah. UNEJ saya pilih karena dekat dengan kota asal saya dan terakreditasi A,” ucap Jindan.

Saat ditanya mengenai tips belajar mahasiswa asal Banyuwangi tersebut memberikan 4 tips and trik ala dirinya untuk mendapat nilai UTBK SNBT yang tinggi. Tips yang pertama adalah menyiapkan mental dan fisik sedini mungkin karena pesaing UTBK SNBT tentunya tidak sedikit. Menurutnya mental dan fisik dapat mempengaruhi kemampuan belajar dan berpotensi membuat mental down saat ujian, yang menyebabkan performa dalam mengikuti ujian SNBT tidak maksimal.

Kedua jangan malas belajar, usahakan sehari belajar kurang lebih 1-2 jam perhari dan banyak mengikuti try out baik dari sekolah maupun luar sekolah. Ketiga mempersiapkan segalanya dengan matang termasuk manajemen waktu, Jindan mengaku dirinya mempersiapkan UTBK SNBT sejak awal kelas 3 SMA, dimulai dengan memperbanyak baca-baca buku untuk mengulas kembali materi serta memanfaatkan media pembelajaran digital seperti youtube ataupun tiktok. Dan tips yang terakhir adalah berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dalam segala hal, baik proses maupun hasil. (nil)

Skip to content