PT Dok Pantai Lamongan Rekrut Lulusan Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Jember

Jember, 29 Agustus 2024

PT. Dok Pantai Lamongan salah satu perusahaan dalam industri kemaritiman berkomitmen untk merekrut kandidat terbaik dari Jurusan Teknik Kontruksi Perkapalan Universitas Jember guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan persaingan global dalam industri kemaritiman. Kandidat yang saat ini turut dalam rekruitmen diharapkan dapat menduduki jabatan-jabatan penting dalam organisasi perusahaan, khususnya di dalam bidang perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan kapal baru.

Rekruitmen ini dilakukan di Gedung Auditorium Fakultas Teknik dan diikuti oleh 25 orang alumni dari Jurusan Teknik Kontruksi Perkapalan. Hadir pada acara pembukaan adalah Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan III F Teknik, Kepala Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (UPA PKK) UNEJ, Kajur Teknik Kontruksi Perkapalan serta HRD dari PT. Dok Pantai Lamongan, Amiruddin Aziz serta para alumni dari Jurusan Teknik Kontruksi Perkapalan.

Proses rekruitmen yang berlangsung sehari tanggal 29 Agustus 2024 memberikan peluang bagi kandidat di tiga bidang yakni bidang perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan kapal baru. Para alumni diberikan tantangan oleh perusahaan untuk membuktikan keseriusan dan kompetensi mereka di industri kemaritiman.

Kegiatan ini dimulai dengan acara pembukaan. Dalam sambutannya kepala UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan UNEJ menyampaikan data lulusan tahun 2023, sebanyak 7811 orang dan yang masih belum bekerja sebanyak 2687 orang alumni. Sedangkan lulusan tahun 2024 hingga memasuki triwulan III ini sebanyak 3.605 orang, sebanyak 1178 orang alumni belum bekerja. Rekruitmen semacam ini diharapkan dapat menjembatani antara lulusan dengan dunia kerja. Lebih lanjut kepala UPA yang sekaligus dosen di Fakultas Pertanian ini menyampaikan bahwa rekruitmen ini menjadi bagian penting dan wujud fasilitasi UPA PKK pada alumninya dalam memperoleh pekerjaan yang layak, karena kesuksesan para alumni di dunia kerja menjadi cerminan kualitas pendidikan di Universitas Jember (UNEJ). “Dengan keberhasilan alumni dalam meniti karir, harapannya UNEJ dapat menjadi menara air yang memberikan manfaat luas bagi masyarakat, termasuk para alumninya,” kata Dr. Rokhani. Ia juga mengingatkan para alumni yang lolos seleksi bisa bersungguh-sungguh dalam bekerja dan bisa menapaki karir dengan lancar dan sukses.

Selanjutnya Dekan Fakultas Teknik dalam sambutannya juga berpesan para alumninya semoga proses rekruitmen ini bermanfaat bagi para alumni dari Jurusan Teknik Kontruksi Perkapalan, agar segera dapat diterima di dunia kerja. “setelah diterima nanti harapannya para alumni agar serius, sungguh-sungguh apabila diterima dalam bekerja, mampu bekerja sama, berkomitmen, serta terus belajar sehingga membanggakan alamamater, Universitas Jember.” demikian ungkapnya. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan profil perusahaan oleh perwakilan HRD PT. Dok Pantai Lamongan. Perusahaan menjelaskan peluang bagi para alumni dan penuh harap agar ada alumni yang lolos dalam seleksi ini. “Kami sangat optimis pada acara yang digelar hari ini ada alumni dari UNEJ yang bisa bersama dengan kami membesarkan PT Dok Pantai Lamongan. Alumni UNEJ bisa menunjukkan sikap profesional saat diterima nanti karena profesionalitas sangat dibutuhkan di industri kami,” ujar Aziz perwakilan HRD PT Dok Pantai Lamongan.

Senergi antara dunia pendidikan dan dunia industri ini ke depan harus tetap berkelanjutan. Program rekruitmen alumni UNEJ oleh PT Dok Pantai Lamongan dilakukan untuk menciptakan ekosistem yang saling mendukung, dimana lulusan dapat terserap di dunia kerja dengan cepat sehingga mempersingkat masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan, sekaligus perusahaan dapat memperoleh kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Melalui kegiatan rekruitmen pula UNEJ terus berusaha menjembatani para lulusan seperti ini, UNEJ melalui UPA Pengembangan Karier dan kewirausahaan terus berupaya untuk menghubungkan para alumninya dengan peluang-peluang karier yang menjanjikan dari perusahaan (Ani).

Skip to content