Ajak Masyarakat Berwirausaha, Tim PPK Ormawa HMPWK UNEJ Berhasil Membuka Ladang Penghasilan Baru Desa Tegalwangi

Jember, 1 September 2024

Himpunan Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Universitas Jember (UNEJ) kembali berhasil lolos pendanaan dari Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa Ditjen Dikti (Kemdikbudristek). Pada tahun ini, PPK Ormawa HMPWK UNEJ memiliki program mewujudkan Desa Wirausaha di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember yang telah diresmikan sebagai “Kampung Gurami” pada tahun 2021 oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto. Serangkaian program PPK Ormawa HMPWK UNEJ akan dilaksanakan selama 5 bulan.

Program desa berwirausaha dari Tim PPK Ormawa HMPWK UNEJ, mendapat sambutan serta dukungan yang baik dari Kepala Desa Tegalwangi, Andi Budi Wibowo. Kedatangan mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif kepada masyarakat.

Diskusi dan sharing sassion bersama perangkat Desa Tegalwangi terkait beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan bersama masyarakat desa

”Desa Tegalwangi memang memiliki keunggulan pada jumlah air yang melimpah serta pH air yang cocok dengan budidaya ikan gurami. Sejauh ini masyarakat Desa Tegalwangi hanya menjual ikan gurami dalam kondisi mentah saja, semoga ide dari Tim PPK Ormawa HMPWK UNEJ dapat berhasil dan berjalan serta menghasilkan perubahan positif untuk para masyarakat disini,” ujar Kepala Desa itu.

Dowan Rahma Seta selalu ketua PPK Ormawa HMPWK UNEJ mengatakan bahwa pada prgram ini mahasiswa berkontribusi untuk membantu usaha ekonomi para penduduk di desa Tegalwangi.

“Melalui program ini, kami bersama berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Tegalwangi dengan mendorong mereka untuk menjadi pelaku usaha melalui potensi lokal yang mereka miliki yaitu ikan gurami yang diolah menjadi olahan setengah jadi berupa Gurami Frozen (Gufroz) dan olahan jadi berupa Abon Gurami,” ungkapnya.

(dari kiri) Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Teknik mengunjungi dan membeli produk olahan dari para pelaku usaha Desa Tegalwangi

Ia juga menambahkan beberapa rangkaian kegiatan pada program ini, “Dalam pelaksanaannya program terdiri atas beberapa kegiatan yaitu, sosialisasi program kepada masyarakat, demo masak atau pelatihan pembuatan produk bersama masyarakat, produksi olahan oleh masyarakat dan monitoring serta evaluasi yang akan dilaksanakan secara berkala,” imbuh Rahma.

Setelah rangkaian sosialisasi dan demo masak selesai, dilanjut dengan Grand Launching Desa Tegalwangi sebagai desa wirausaha dengan program “Rame Gurame”. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fendy Setyawan, Dekan Fakuktas Teknik UNEJ Triwahju Hardianto, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Bambang Sujarnoko, Ratih Novi Listyawati selaku dosen pendamping beserta para tamu undangan dari Desa Tegalwangi maupun para dosen UNEJ.

Kegiatan Demo Masak oleh Tim Pelaksana PPK Ormawa HMPWK bersama para calon pelaku usaha Desa Tegalwangi

Kegiatan peresmian ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis yang disaksikan oleh masyarakat Desa Tegalwangi. Besar harapan Tim PPK Ormawa HMPWK UNEJ agar program ini berjalan lancar dan membawa perubahan bagi masyarakat Desa Tegalwangi. (adi/dil)

Skip to content