Prodi Agribisnis FAPERTA UNEJ Rancang Metode Pembelajaran yang Relevan di Dunia Usaha dan Industri

Jember, 4 September 2024
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, berbagai metode pembelajaran inovatif telah diimplementasikan di berbagai program studi, Untuk mencapai tujuan itu Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Jember (UNEJ) mengadakan workshop dengan tema “Evaluasi Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan/atau Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) Untuk Mata Kuliah Program Studi Agribisnis.” Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Program Studi Agribisnis (04/09/2024).

Dalam sambutannya, Ir. Kacung Hariyono, MP., Ph.D., Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UNEJ, menekankan pentingnya penerapan metode pembelajaran inovatif dalam pendidikan tinggi. “Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, berbagai metode pembelajaran inovatif telah diimplementasikan di berbagai program studi. Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) dirancang untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, analisis, kolaborasi, dan aplikasi teori dalam konteks praktis, yang sangat relevan untuk dunia usahan dan industri saat ini,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya evaluasi ini, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember dapat terus mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan relevan, sehingga lulusannya siap menghadapi tantangan di dunia profesional.

Ir. Kacung Hariyono, MP., Ph.D., Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UNEJ, kala meberikan sambutannya.

Sementara itu, Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur. M., Ketua Jurusan Agribisnis FAPERTA UNEJ, menambahkan, metode pembelajaran ini diadopsi dalam kurikulum Program Studi Agribisnis untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan manajerial dan bisnis di sektor pertanian.

“Metode Case Method memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis situasi nyata di bidang agribisnis dan merumuskan solusi yang tepat, sementara Team-Based Project mengajak mahasiswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam menyelesaikan proyek dan memberi solusi pada permasalahan dan tantangan nyata yang akan mereka hadapi di dunia profesional,” jelasnya.

Agus Supriono, SP., M.Si., Koordinator Program Studi Agribisnis S1 FAPERTA UNEJ, kala memberikan sambutannya

Pada kesempatan yang sama, Agus Supriono, SP., M.Si., Koordinator Program Studi Agribisnis S1 FAPERTA UNEJ, mengungkapkan, keberhasilan implementasi metode-metode ini bergantung pada berbagai faktor, termasuk kesiapan dosen, mahasiswa, serta infrastruktur pendukung. “Evaluasi ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur efektivitas metode, tetapi juga untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya, serta menemukan solusi dan perbaikan yang dapat diterapkan di masa mendatang,” katanya.

Dalam laporannya, Dr. Ati Kusmiati, SP., MP., Ketua Panitia kegiatan ini menyatakan, workshop ini merupakan langkah awal yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Program Studi Agribisnis, guna memastikan lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 dosen dari Fakultas Pertanian, dengan menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Prof. Dr. Leni Sophia Heliani, ST., M.Sc. dari Edu Squad Training Group dan Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Jember.(is)

Skip to content