Rektor : Kemandirian Finansial Menjadi Tantangan Selanjutnya

Jember, 11 September 2024
Rektor, Iwan Taruna, mengingatkan segenap pimpinan unit kerja, bahwa kemandirian finansial menjadi tantangan selanjutnya bagi Universitas Jember. Apalagi saat ini Universitas Jember sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Iwan Taruna menambahkan, tahun ini menjadi krusial mengingat sudah berakhirnya Rencana Bisnis 2020-2024 dan tugas mendatang adalah menyusun Rencana Bisnis dan Rencana Strategis 2025-2029. Pesan ini disampaikan oleh Iwan Taruna dalam kegiatan Focus Group Discussion Penetapan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Unit Kerja Tahun Anggaran 2025 yang digelar selama tiga hari (10-12/09/2024).

Kedua, Rektor meminta agar dalam penyusunan RBA Tahun Anggaran 2025 nanti hendaknya ditujukan untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) setiap unit kerja. Terkait pencapaian IKU ini, Rektor menyampaikan apresiasi karena melalui kerja bersama, pencapaian IKU Universitas Jember tahun 2023 menduduki peringkat kelima untuk kategori PTN Badan Layanan Umum. Sebelumnya di penilaian IKU tahun 2022, Universitas Jember baru menduduki peringkat ke sebelas.

Rektor UNEJ menyampaikan arahan

“Kemandirian finansial salah satunya bisa dicapai dengan memperbesar sumber pendapatan di luar UKT seperti peningkatan dari jasa layanan kesehatan, laboratorium, kerja sama penelitian, kerja sama dengan DUDI hingga hilirisasi produk berbasis intelektual. Kemandirian finansial juga harus didukung dengan penyempurnaan tata kelola organisasi dan efisiensi di semua bidang. Sementara itu guna mendukung pencapaian IKU maka semua unit kerja wajib menganggarkan dana untuk mencapai target IKU yang sudah ditetapkan,” jelas Iwan Taruna.

Peserta yang mengikuti kegiatan Focus Group Discussion Penetapan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Unit Kerja Tahun Anggaran 2025 adalah dekan, kepala lembaga, kepala Unit Pelayanan Akademik (UPA) serta koordinator dari kampus satelit dan kampus vokasi. Selain mendapatkan arahan dari Rektor, para peserta mendapatkan masukan dari ketua senat dan semua wakil rektor.

Sesi pemaparan RBA unit kerja

Selanjutnya semua pimpinan unit kerja memaparkan program RBA tahun 2025 untuk kemudian didiskusikan dan mendapatkan supervisi dari tim Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Layanan Informasi dan tim Satuan Pengawas Internal (SPI). (iim)

Skip to content