Tingkatkan Capaian Publikasi Bereputasi Internasional Para Dosennya, FAPERTA UNEJ Gelar Workshop On-Site Training

Jember, 26 September 2024
Fakultas Pertanian Universitas Jember (UNEJ) melalui Program Studi Agribisnis menyelenggarakan Workshop On-Site Training kepada para tenaga dosennya, dengan fokus utama pada peningkatan keterampilan dosen dalam melakukan analisis data penelitian. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat peran dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pada aspek penelitian, guna menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Room Agribisnis FAPERTA UNEJ (26/09/2024).

Dalam dunia akademik, kemampuan dosen dalam mengelola dan menganalisis data menjadi semakin krusial, terutama di era digital saat ini yang menjadikan data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Banyak penelitian di perguruan tinggi yang menuntut penguasaan teknik analisis data yang lebih canggih, mulai dari analisis statistik dasar hingga teknologi terbaru seperti big data, machine learning, dan analisis prediktif. Oleh karena itu, pelatihan ini dianggap sangat relevan untuk mempersiapkan dosen menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam dunia penelitian. Hal ini diungkapkan oleh Prof. Soetriono, SP., MP., Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember kala membuka secara resmi kegiatan workshop ini.

Ia juga menekankan pentingnya pelatihan ini untuk memajukan kualitas pengajaran dan penelitian di lingkungan fakultas. “Salah satu hal yang perlu terus ditingkatkan adalah bagaimana kita bisa menularkan ilmu kepada orang lain, termasuk memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan lembaga, khususnya Fakultas Pertanian,” ujarnya. Ia berharap agar Program Studi Agribisnis mampu mencapai target Revenue Generating Aktivities (RJA), yaitu aktifitas yang dapat menghasilkan pendapatan bagi Lembaga dan tercapainya publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi internasional.

Sementara itu, Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur.M., Koordinator Program Studi (KPS) Agribisnis S2 Fakultas Pertanian UNEJ, dalam paparannya menyampaikan, “Salah satu inovasi yang dapat diterapkan dalam analisis data agribisnis adalah penggunaan sentiment analysis. Teknik ini, yang umumnya digunakan dalam analisis politik, bisa dimanfaatkan untuk menganalisis kebutuhan pasar dan tren agribisnis, sehingga memberikan wawasan yang lebih dalam dan prediktif terhadap perubahan pasar.” Menurutnya, keterampilan ini akan sangat membantu para dosen dalam melakukan penelitian yang lebih berbasis data dan memberikan dampak yang lebih signifikan dalam pengembangan sektor agribisnis.

Agus Supriono, SP., M.Si., Koordinator Program Studi (KPS) Agribisnis S1, menambahkan, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis para dosen, tetapi juga mendorong mereka untuk berinovasi dalam metode penelitian dan pengajaran. Dengan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, para dosen diharapkan dapat lebih siap menghadapi perkembangan teknologi dan tantangan dalam penelitian agribisnis.

Sebagai penanggung jawab kegiatan ini, Rachmad Udhi Prabowo, SP., M.P., menutup acara dengan menyampaikan, pelatihan ini akan dilanjutkan dengan sesi-sesi lebih mendalam di masa depan, guna memastikan bahwa para dosen selalu up-to-date dengan teknik dan teknologi terbaru dalam analisis data penelitian.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kualitas penelitian dosen, sehingga Fakultas Pertanian Universitas Jember dapat terus berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang agribisnis.(is)

Skip to content