UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Siapkan Buku Pedoman Pengembangan Karier

Jember, 7 Oktober 2024
Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (PKK) Universitas Jember (UNEJ) tengah menyiapkan Pedoman Pengembangan Karier, bagi mahasiswa maupun fakultas. Penyiapan pedoman ini menurut Kepala UPA PKK, Rokhani, diharapkan dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa semenjak awal kuliah untuk memetakan dan merintis kariernya. Sementara bagi fakultas, adanya Pedoman Pengembangan Karier menjadi panduan dalam membina mahasiswa, serta mendorong pencapaian yang optimal pada Indikator Kinerja Utama (IKU) pertama yang fokus pada pengingkatan jumlah lulusan yang mendapatkan pekerjaan yang layak.

Rokhani yang ditemui di gedung Kewirausahaan UNEJ (07/10/2024) lantas menambahkan, nantinya di buku Pedoman Pengembangan Karier akan berisi apa saja peran dan fungsi masing-masing komponen di UNEJ mulai unsur pimpinan, lembaga, fakultas hingga dosen pembimbing akademik dalam mendampingi dan membina karier mahasiswa. Terdapat pula strategi pengembangan karier, hingga rekomendasi kegiatan dan usaha apa saja yang bisa dilakukan guna mengembangkan karier mahasiswa.

Diskusi penyusunan Buku Pedoman Pengembangan Karier UNEJ antara tim UPA PKK dengan Wakil Rektor III

“Tentu saja peran utama ada pada UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan. Kami berusaha memberikan bekal bagi mahasiswa terutama bekal soft skill dalam memasuki dunia kerja, menjembatani antara kampus dengan dunia usaha dunia industri serta menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan. Nantinya Pedoman Pengembangan Karier juga melibatkan organisasi alumni dalam hal ini Keluarga Alumni Universitas Jember sebagai wadah yang memiliki peran penting dalam membangun jejaring antar alumni,” jelas Rokhani.

Penyusunan Buku Pedoman Pengembangan Karier oleh UPA PKK mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang turut serta memberikan masukan dalam kegiatan diskusi. Menurut Fendi Setyawan kampus memiliki tanggung jawab mengantarkan lulusannya bersaing di dunia kerja. Dan peran ini menjadi tugas semua pihak dari unsur pimpinan, fakultas, dosen hingga pengelola laboratorium.

“Saya berharap buku Pedoman Pengembangan Karier UNEJ ini akan menjadi panduan lengkap bagi mahasiswa dalam menata masa depan awal. Akan masuk ke dunia kerja, meneruskan studi atau memilih berwirausaha. Makin dini mahasiswa diajak menentukan karier, maka makin besar peluangnya untuk bersaing di dunia kerja,” tutur Fendi Setyawan. (iim)

Skip to content